Peresmian Tambo Jentera Muda (Museum AYD)

TENTANG TAMBO JENTERA MUDA

ARTI tambo adalah: sejarah atau hikayat; suatu uraian historis yang seringkali bercampur dengan dongeng; dan upaya membangkit-bangkitkan suatu perkara yang sudah-sudah. Sementara itu, jentera dapat dimengerti sebagai: roda penggerak; kincir; atau sesuatu yang bundar berupa lingkaran, bersumbu, dan dapat berputar untuk memutar sesuatu yang lain. Adapun muda sudah menjelaskan maksudnya. Tambo Jentera Muda (TJM) diartikan: kumpulan kisah orang muda atau rekaman kisah-kisah gerakan orang muda yang sambung dengan suka-duka kehidupan bersama di tengah masyarakat dan menggerakkan kebaruan.
PENDIRIAN TJM bertitik tolak dari perjumpaan kisah-kisah keterlibatan orang muda dalam the 7th Asian Youth Day (AYD7) di Yogyakarta pada 2- 6 Agustus 2017, yang bertema: “Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia”. Pada perhelatan AYD7 itu, ribuan orang muda katolik (OMK) dan kawan-kawan mereka dari lintas komunitas agama dan aneka latar belakang merefleksikan kisah-kisah keterlibatan sosial yang terhubung dengan pengalaman iman.
TJM didirikan untuk merawat, menghidupkan, dan membagikan semangat orang-orang muda, lintas komunitas dan latar belakang, itu dalam membangun persaudaraan sejati dan mutu kehidupan. Aneka kisah keterlibatan orang muda diyakini akan terus hadir, melampaui pengalaman di seputar AYD7.
TJM adalah ruang perjumpaan inklusif yang menyediakan sarana-sarana bagi kaum muda lintas kelompok untuk saling belajar membangun persaudaraan kreatif; sebab, pada kebersamaan terdapat penciptaan.

Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain

INDONESIA MAJU

SURAT GEMBALA 75 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA USKUP AGUNG KEUSKUPAN AGUNG