Workshop Online 03: Pengenalan Pengolahan Buah dan Sayur; Sosialisasi Segayub Rayon Bagusto | Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Kevikepan Semarang

Twitter
WhatsApp
Email
Peserta Wokshop Hybrid 03 dan Sosialisasi Segayub Rayon Bagusto

Pada hari Sabtu 25 Maret 2023 jam 14.00 wib, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) dan Aksi Puasa Pembangunan (APP) Kevikepan Semarang mengadakan Workshop Hybrid 03 dan Sosialisasi Segayub di Rayon Bagusto.

Workshop dilaksanakan di Kapel Santa Maria Sadang Paroki Bedono sedangkan peserta online dapat mengikuti melalui aplikasi zoom meeting. Peserta yang mengikuti secara online berjumlah 17 orang, sedangkan peserta offline hadir  66 orang.

Workshop dibuka dengan doa pembuka dan perkenalan narasumber Ibu Christiana Retnaningsih Ketua Program Studi Magister Teknologi Pangan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, dilanjutkan dengan penjelasan dan pemaparan materi Pengenalan Pengolahan Buah dan Sayur.

Kesimpulan dari workshop ini adalah bahwa buah dan sayur merupakan bahan pangan kadar air tinggi sehingga mudah rusak, maka dibutuhkan penanganan pasca panen pada buah dan sayur secara cepat, tepat dengan berbagai teknik yang dipilih sesuai dengan tujuan. Juga standarisasi pengolahan penting untuk kualitas produk yang konsisten dan daya saing (pemasaran dan penerimaan konsumen). Selain itu pengemasan makanan penting untuk menjaga kualitas makanan.

Narasumber Ibu Dr. Ir. Christiana Retnaningsih, MP saat Pemaparan Materi

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Ibu Kristina yang juga dari Teknologi Pangan Unika Soegijapranata. Dari sesi tanya jawab beberapa pertanyaan dari peserta menceritakan kendala terkait potensi hasil panen di Rayon Bagusto, baik dari sisi cara pengolahan hingga pengawetan.

Para peserta semakin antusias ketika Ibu Christiana menyampaikan akan siap membantu apa yang menjadi kebutuhan UMKM dan memberikan kesempatan untuk dapat berkunjung dan pelatihan di Fakultas Teknologi Pangan (FTP) Unika Soegijapranata sehingga bisa disinergikan antara PSE Kevikepan Semarang dan Unika Soegijapranata.

Tim PSE Kevikepan pun akan menindaklanjuti hal tersebut melalui kerjasama dengan Unika dan akan membuat schedule yang dapat diakses melalui platform https://linktr.ee/segayub_

Dalam Workshop Hybrid 03 ini Romo Thomas Ari Wibowo, Pr selaku Ketua Komisi PSE-APP Kevikepan Semarang menyampaikan terimakasih kepada Romo Yohanes Wicaksono, Pr selaku Romo Paroki Bedono dan tim Komsos Bedono yang sudah sangat membantu Workshop Hybrid ini. Kegiatan workshop ini untuk memotivasi dan menyemangati UMKM. Romo Bowo juga menyampaikan terimakasih karena diberi kesempatan untuk bisa kunjungan di Unika, hal ini menjadi bagian kerjasama yang baik antara PSE Kevikepan Semarang dengan Unika Soegijapranata. Selain itu Romo Bowo juga berharap, semoga melalui platform Segayub (Semarang Gayeng lan Guyub) semakin bisa dimanfaatkan seluas mungkin untuk umat kita.

Sebagai sesi terakhir, Pak Aan selaku tim PSE Kevikepan memaparkan dan menjelaskan materi Sosialisasi Segayub, dimana hadir Platform Marketplace Segayub yang merupakan rumusan solusi dari permasalahan yang dihadapi Bapak Ibu seluruh Rayon di Kevikepan Semarang dengan melakukan survei. Melalui platform Segayub ini pula, Pak Aan mengajak para pelaku UMKM untuk bergabung dan mendaftar di platform Segayub. (Romo Bowo, Pr.)

Workshop online ini dapat disimak kembali melalui tautan berikut: