Workshop Konsolidasi dan Penyusunan Gagasan Praktis FIBB Paroki

Twitter
WhatsApp
Email

Pada tanggal 13-14 Januari 2024 bertempat di Panti Samadi Nasaret Kompleks YPAK Karangpanas, Sekretariat Bersama FIBB (Formasio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan) Kevikepan Semarang melakukan konsolidasi pertamanya. Patut diketahui bahwa Sekretariat Bersama FIBB ini dibentuk untuk membantu paroki-paroki dalam mengimplementasikan dan mengoptimalkan secara praktis FIBB. Harapannya, melalui konsolidasi pertama ini, Sekretariat Bersama FIBB dapat menyusun sebuah gagasan praktis dalam menterjemahkan Silabus FIBB yang telah disusun semenjak 2015 oleh DP KAS (Dewan Pastoral Keuskupan Agung Semarang).

Romo Ivan MSF berkeliling untuk meninjau hasil diskusi tiap kelompok (dok. Komsos Kev Smg)

Dalam workshop tersebut, Sekretariat Bersama FIBB melibatkan lintas Komisi di Dewan Karya Pastoral (DPK) Kevikepan Semarang, yaitu antara lain Komisi Kateketik, Komisi Liturgi, Komisi Kitab Suci,  Komisi Karya Misioner, Komisi Kerasulan Mahasiswa, Komisi Kepemudaan, Komisi Keluarga, Komisi Komunikasi Sosial dan juga melibatkan Komisi Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan beserta beberapa dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St. Fransiskus Assisi Semarang. Selama sehari satu malam ini, telah disusun beberapa gagasan praktis yang harapannya dapat digunakan oleh paroki  nantinya dalam mengembangkan formasio iman sesuai jenjang usia, termasuk pilihan-pilihan materi, dinamika pertemuan dan mediannya.

Romo Ivan ditunjuk oleh Romo Vikep sebagai koordinator Sekber FIBB (dok. Komsos Kev Smg)

Gerak Sekretariat Bersama FIBB ini dikoordinatori oleh Romo Giovanni Mahendra Christi, MSF., selaku ketua Komisi Keluarga. Dalam kesempatan konsolidasi tersebut juga dirumuskan beberapa kegiatan Sekretariat Bersama FIBB dalam membantu paroki-paroki dari segi edukasi, refleksi, aksi dan selebrasi yaitu:

  1. Koordinasi dengan Bidang Pewartaan dan Timpel FIBB Paroki
  2. Pelayanan Pembelajaran, Penguatan dan Revitalisasi FIBB kepada para Dewan dan Timpel FIBB Paroki sesuai dengan permintaan paroki
  3. Webinar Parenting
  4. Youth Faith Formation Camp
  5. Retret Pelajar Sekolah Negeri-SMP
  6. Lomba Konten Katekese Tiktok
  7. Lomba Film (Dokumenter dan Feature) Pelaksanaan FIBB di paroki-paroki
  8. Penyajian Konten-Konten Digital Katekese
  9. Perayaan Ekaristi Keluarga dengan melibatkan Semua Lintas Usia Generasi Para Timpel FIBB Paroki di tingkat Rayon-Rayon
  10. Novena Gerak FIBB

Konsolidasi Sekretariat Bersama FIBB yang pertama ini ditutup oleh Romo FX. Sugiyana, Pr selaku Vikep Semarang untuk meneguhkan dan memberikan arahan dalam kerja selanjutnya. Tentu Sekretariat Bersama FIBB ini diharapkan akan mengawal dan membantu paroki-paroki di Kevikepan Semarang untuk semakin mengoptimalkan gerak FIBB sesuai amanat Temu Pastoral tahun 2023 yang lalu. (Pur)