Vaksin Covid19 di Gereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan

Pada Selasa, 10 Agustus 2021 di Aula Albertus, Gereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan, Surakarta dan Mesjid Agung Surakarta diadakan kegiatan vaksinasi bagi warga Solo dan sekitarnya. Kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan atas kerjasama dari Bpk Muchamad Nabil Haroen S.Pd. M. Hum atau yang akrab dipanggil dengan Gus Nabil (Anggota Komisi IX DPR RI 2019-2024 dari Fraksi PDI Perjuangan), Bpk. FX. Hadi Rudyatmo (Ketua DPC PDI-P Surakarta), TNI dan Kepolisian, Komunitas Omah Sambung, Partai PDI Perjuangan, serta Paroki SPMR Purbowardayan. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00-13.00. Dalam hal ini warga yang diprioritaskan dan diperkenan untuk mendapatkan vaksin adalah mereka yang berusia antara 18 tahun ke atas dan belum pernah mendapatkan vaksin. Mereka tidak hanya dari umat katolik atau umat dari Paroki SPMR Purbowardayan saja melainkan dari warga lain yang berdomisili tinggal di sekitar Solo. Bagi mereka yang hadir di Gereja Purbowardayan dan Mesjid Agung Surakarta juga tidak hanya diperuntukkan bagi satu agama saja, bahkan ada umat Katolik yang menerima vaksin di Mesjid Agung Surakarta begitu pula sebaliknya ada umat Muslim yang menerimakan vaksin di Gereja Purbowardayan.

Pada kegiatan vaksinasi hari ini diikuti oleh 1.000 orang. Hal ini dikarenakan keterbatasan adanya jumlah vaksin yang hanya berjumlah 1.000 vaksin saja, dengan pembagian 500 vaksin diterimakan di Mesjid Agung Surakarta dan 500 vaksin diterimakan di gereja Purbowardayan. Bagi 1.000 orang yang hari ini mendapatkan vaksin pertama akan mendapatkan vaksin yang kedua dengan waktu yang akan disampaikan kemudian hari. Dengan diselenggarakan kegiatan vaksin ini, dari pihak Dewan Pastoral Paroki SPMR Purbowardayan sejak hari Senin, 9 Agustus 2021 yang lalu sudah menyiapkan tempat dan mengkoordinir dengan pihak penyelenggara untuk mempersiapan acara vaksinasi ini.

Hari ini penyelenggaran vaksin ini juga diadakan di Mesjid Agung Surakarta dengan penyelenggara yang sama pula. Maka sebelum diselenggarakan vaksinasi, diadakan terlebih dahulu acara doa bersama di Mesjid Agung Surakarta dan di Komplek Gereja SPMR Purbowardayan. Dalam acara tersebut hadir pula wali kota Surakarta Bpk. Teguh Prakosa. Dalam doa lintas agama di Mesjid Agung Surakarta yang diadakan pada pukul hadir para tokoh agama yakni Bpk. KH. Muhtarom (Islam), Bpk. Tanto Kristiono (Kristen), Rm. Lukas Ivan Sanjaya, Pr (Katolik), Bpk. Sunarbowo (Budha), Bpk. Bagyo Hadi (Hindu). Setelah mengadakan doa di Mesjid Agung para tokoh agama dan tamu undangan bergegas menuju Gereja Purbowardayan untuk melanjutkan doa bersama di sana. Doa lintas agama diadakan di aula Albertus Paroki SPMR Purbowardayan dengan dipimpin oleh Bpk. KH. Muhtarom (Islam), Bpk. Tanto Kristiono (Kristen), Rm. Antonius Saptana Hadi, Pr (Katolik), Bpk. Sunarbowo (Budha), Bpk. Bagyo Hadi (Hindu).

Secara pribadi, harapan saya adalah semoga pemberian vaksinasi ini dapat mempercepat penanganan dan pengendalian penyebaran Virus Corona. Kebetulan daerah Surakarta merupakan daerah yang cukup banyak yang terpapar bahkan banyak korban dari akibat penyebaran virus Corona ini. Semoga warga pun semakin dapat mampu membangun pola hidup yang sehat dan tetap menumbuhkembangkan iman rohani dengan baik. Di samping itu semoga warga masyarakat semakin sadar dan terbuka akan kondisinya sehingga jika terpapar ataupun terdampak, dapat segera melaporkan kepada pihak-pihak yang dapat membantunya sehingga penyebaran virus Corona ini dapat dikendalikan. Kena Covid bukanlah sebuah aib. Mari semakin menjaga diri sendiri dan orang lain agar semuanya dapat kembali seperti sedia kala dan penyebaran virus Corona ini dapat terkendali.

 

Berkah Dalem.

Rm. Lukas Ivan Sanjaya, Pr

Vikaris Parokial Paroki St. Perawan Maria Regina Purbowardayan

Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain