Toleransi dan Nasionalisme Tampak Dalam Vaksinasi Massal di Gereja St. Yohanes Rasul Pringwulung

Sejak pagi hari, umat paroki Santo Yohanes Rasul Pringwulung dan warga sekitar dengan sangat antusias, mulai memadati area gereja untuk mendapatkan vaksinasi 1 dengan jenis vaksin Sinovac. Acara vaksinasi massal pada 2 September 2021, dimulai pukul 08.00 WIB ini, terselenggara atas kerjasama Gereja Pringwulung dan KODIM 0732/ Sleman, dengan Dinas Kesehatan Sleman, serta Polda DIY.

Lurah Condongcatur,  Bapak Reno Candra Sangaji, yang didampingi oleh Dukuh Pringwulung, Bapak Sahid Fahrudin, merasa bersyukur karena warga cukup terbantukan dalam percepatan Vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Gereja Pringwulung ini merupakan wujud toleransi di wilayah Condongcatur dimana dalam gereja ini bisa berbaur tanpa membedakan Ras.

Rasa nasionalisme tumbuh berkembang sangat kuat, Ketika tepat pukul 10.00 WIB, semua yang berada dalam area gereja, menghentikan semua aktifitas lalu mengambil sikap sempurna untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadir dalam acara ini, Danpusdikma Kodiklat TNI, Brigjen TNI Udiyanto M.Tr.Han, dan juga Dandim 0732 / Sleman Letkol Arief Wicaksana,  SH, M.Han yang beryukur atas lancarnya percepatan atau serbuan vaksin TNI di wilayah DIY dan berharap mampu mencapai target vaksinasi 70% warga Sleman.

Kehadiran Vikaris Episkopal Kevikepan Yogyakarta Timur, Romo Andrianus Maradiyo, PR dan Vikaris Episkopal Kevikepan Yogyakarta Barat, Romo Alphonsus Rodriques Yudono Suwondo, PR sangat memberikan dukungan moril bagi pelaksanaan vaksinasi massal di paroki-paroki.

Menurut Romo Rosarius Sapto Nugroho, PR selaku Pastor Paroki, vaksinasi bagi sekitar 1000 orang ini, merupakan bentuk nyata kehadiran gereja ditengah masyarakat. Gereja Katolik ingin mendukung usaha-usaha pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat dan vaksinasi ini adalah salah satunya. Keterlibatan  Umat, Ketua – ketua lingkungan, dewan paroki, satgas covid19 paroki bersinergi bersama ketua-ketua RT dan Dinas Kesehatan – dalam mempersiapkan vaksinasi massal ini sangat menggembirakan dan prosesnya sangat cepat dan lancar.

Terimakasih Kodim 0732/Sleman, terima kasih Paroki Santo Yohanes Rasul Pringwulung. Berkah Dalem

Liputan dalam bentuk video dapat dilihat DI SINI.

Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain