Temu Timpel Lansia Kevikepan Semarang

Twitter
WhatsApp
Email

Semarang 3/03/2024 – Mulai Tahun 2024, di tahun fokus pastoral mengenai Formasio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan, Kevikepan Semarang membentuk Komisi Lansia. Komisi Lansia ini dibentuk agar ada gerak Dewan Pastoral baik di tingkat Dewan Pastoral Kevikepan maupun Paroki dalam memperhatikan jenjang usia lanjut. Sebenarnya selama ini sudah ada Tim Pelayanan (Timpel) Lansia di paroki, namun geraknya dirasakan belum optimal.

Harapannya dengan dibentuknya Komisi Lansia ini ada upaya untuk konsolidasi dan koordinasi dari berbagai wadah dan timpel lansia di tingkat Kevikepan. Tentu, dengan semakin diperhatikannya wadah-wadah atau struktur yang ada, diharapkan semakin meningkatkan pelayanan formasio iman bagi para lanisa ini.

Maka, untuk mengawalinya, Rm. Florentinus Hartosubono Pr selaku ketua Komisi Lansia Kevikepan Semarang menyelenggrakan temu para Timpel Lansia Paroki pada Minggu, Tanggal 3 Maret 2024 bertempat di Wisma Panti Samadi Nasareth. Dalam pertemuan ini hadir kurang lebih 45 peserta yang mewakili sekitar 20an paroki di seluruh Kevikepan Semarang.

Dalam pertemuan awal ini, Komisi Lansia baru menjaring usulan dan pendapat untuk gerak langkah strategis kegiatan. Komisi Lansia melalui pertemuan ini baru sebatas mendengarkan pengalaman-pengalaman kegiatan yang selama ini dikembangkan di paroki-paroki. Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh paroki-paroki, dapat disimpulkan bahwa selama ini perhatian untuk para lansia masih belum seragam karena belum ada pedomannya. Dapat dikatakan bahwa para Timpel PIUL atau lansia belum banyak tahu mengenai apa yang harus dilakukan.

Suasana diskusi pertemuan awal Komisi Lansia di Panti Semedi Nasareth Semarang

Pertemuan ini juga memberikan sebuah data bahwa tidak semua paroki mempunyai wadah atau paguyuban yang mempehatikan usia lanjut atau lansia. Maka, dalam pertemuan ini, disepakati dibentuk kepengurusan di tingkat Kevikepan yang nantinya dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi bagi para Timpel PIUL atau lansia paroki-paroki Se Kevikepan Semarang. Begitu juga, nantinya akan ada koordinasi di tingkat rayon yang dapat menggerakkan paroki-paroki dalam memperhatikan PIUL ini. Adapun kepengurusannya dapat dipaparkan sebagai berikut:

Ketua : Rm. Florentinus Hartosubono Pr

Wakil Ketua : Th. Yulia Masi

Sekretaris 1  : IM Haryanto B

Sekretaris 2   : Yoh. Djoko Sunarno

Bendahara  : L. Sri Setio Retnowati

Humas  : A. Paeno Seputro

Anggota  :

  1. AD Sumarsono dari Rayon Barut
  2. MY Christianah dari Rayon Timsel
  3. Brarti Waluyo dari Rayon Busidiana
  4. JP Soekoanto R dari Rayon Bagusto

Untuk Rayon Keris diwakilkan kepada pengurus PIUL Paroki Weleri (tidak hadir)

Pertemuan ini, diharapkan akan ditindaklanjuti oleh para pengurus dengan koordinasi dan kegiatan-kegiatan selanjutnya melalui Komisi Lansia ini. (Pur)