Temu Raya Sekretaris Paroki se-Keuskupan Agung Semarang

Twitter
WhatsApp
Email

Usai 8 tahun tidak saling berjumpa, Sekretaris Paroki (Sekpar) se-Keuskupan Agung Semarang (KAS) mengadakan Temu Raya pada hari Selasa-Rabu, 23-24 Mei 2023 di Pusat Pastoral Sanjaya, Muntilan. Sekitar 160 Sekpar bagian Sakramen turut hadir untuk meningkatkan kerjasama karyawan sekretariat antar paroki dan mempererat tali persaudaraan antar karyawan Sekpar se-KAS ini.

Selain para Sekpar, turut hadir Romo Ignatius Andita Triyanto, MSF selaku Moderator Sekpar Kevikepan Kedu dan Romo FX. Alip Suwito, Pr., selaku Moderator Sekpar Kevikepan Yogyakarta Timur.

Acara ini dikoordinatori oleh Romo Johanes Wegig Hari Nugroho, Pr., selaku Moderator  Sekpar Kevikepan Semarang. Dalam kepanitiannya, Romo Wegig melibatkan beberapa Sekpar dari Kevikepan Semarang dan juga beberapa perwakilan dari tiap Kevikepan lainnya.

Acara dikemas cukup santai dengan menghadirkan beberapa narasumber untuk meningkatkan kualitas pelayanan para karyawan Sekpar. Dibuka dengan perkenalan anggota Sekpar antar Kevikepan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kebersamaan melalui beberapa permainan dan sharing kelompok.

Para Sekpar menyimak narasumber yang memberikan materi updating

Pada sore harinya diisi oleh Romo Agustinus Tri Edy Warsono, Pr., selaku Dosen FTW dan Dewan Tribunal KAS yang membawakan materi tentang Perkembangan Hukum Perkawinan. Kemudian dilanjutkan oleh Romo Gregorius Kriswanta, Pr., selaku Vikaris Judisial KAS yang membawakan materi tentang Penyegaran Pengetahuan Umum Administrasi Sakramental Paroki. Acara pada hari pertama ditutup dengan api unggun bersama dan beberapa hiburan.

Salah satu mini outbond, yaitu estafet tepung
Suasana Wawanhati Bersama Bapak Uskup

Pada hari kedua, diawali dengan mini outbond dan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan wawanhati bersama Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup KAS. Mgr Rubi membacakan rangkuman kuesioner yang sebelumnya sudah diisi oleh para Sekpar. Mgr Rubi  juga menyampaikan info terkait sistem di KAS yang sudah terintegrasi dalam ECCLESIA. Romo Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF selaku Sekretaris KAS dan Kepala Kantor KAS juga turut menjawab beberapa pertanyaan yang diungkapkan oleh peserta terkait kekaryawanan.

Misa Penutup bersama Bapak Uskup

Temu Raya Sekpar ini ditutup dengan misa bersama yang dipimpin oleh Mgr Rubi, Romo Agung, Romo Nugie (Ekonom KAS), dan para Romo Moderator Sekpar Kevikepan-kevikepan. Usai misa dilanjutkan dengan foto bersama.

Para Sekpar berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilaksanakan minimal satu tahun sekali, dan melibatkan Sekpar lain yang bertugas di bagian keuangan, karena Sekpar merasa perlu adanya pembekalan berkelanjutan agar keterampilan mereka semakin ter-update dan sinergitas antar petugas kantor paroki dapat terjalin dengan baik. (coy)

Keseruan dari acara ini dapat disimak melalui video berikut: