Temu Koordinasi Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Kevikepan Semarang

Twitter
WhatsApp
Email

Semarang 18/02/2024. Pada Minggu, 18 Pebruari 2024 bertempat di Gedung KPP KAS, Jl. Imam Bonjol No. 172 diselenggarakan Temu Koordinasi Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Kevikepan Semarang. Pertemuan ini merupakan bagian dari sebagian kegiatan Fokus Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2024 mengenai “ Tinggal dalam Kristus dan Berbuah: Berjalan Bersama untuk Formasio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan (FIBB)”. Pertemuan koordinasi ini menjadi salah satu agenda Sekretariat Bersama untuk Tindak Lanjut dan Revitalisasi Formasio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan (FIBB) di paroki. Komisi Kateketik Kevikepan Semarang yang juga menjadi bagian dalam gerak Sekretariat Bersama FIBB ini mengajak dan mengundang para Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Kevikepan Semarang untuk memikirkan untuk penguatan FIBB. Dalam kegiatan ini juga dikoordinasikan perlunya pendampingan capaian-capaian pada setiap jenjang FIBB yang nantinya menterjemahkan dan mempermudah implementasi Silabus FIBB di paroki. Maka Sekretariat Bersama FIBB ini juga sedang menyusun Gagasan Praktis pokok-pokok implementasi FIBB di paroki.

Pertemuan koordinasi ini dihadiri hampir seluruh Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki di Kevikepan Semarang. Total peserta hampir sekitar 82 orang, dengan juga kehadiran Rm. Herman Yoseph Singgih Sutoro Pr selaku Ketua Komkat Kevikepan, Rm. Giovanni Mahendra Christi MSF selaku koordinator Sekber FIBB  dan Rm. Albertus Edwin Nur Istanto MSF selaku ketua KKM Kevikepan.

Rm. Herman Yoseph Singgih Sutoro Pr selaku Ketua Komkat Kevikepan sedang mengatar proses koordinasi

Dalam pertemuan ini juga dikoordinasikan penyediaan bahan dan mempersiapkan Pembelajaran, Penguatan dan Revitalisasi FIBB kepada para Dewan dan Timpel  FIBB Paroki. Disadari bahwa Formasio iman berjenjang dan berkelanjutan memerlukan seluruh pontensi, sinergi dan kerjasama dengan segala pihak di paroki. Diharapkan setiap unit yang ada di dalam paroki dengan seluruh kegiatannya perlu secara sadar dan disengaja, sinergis demi perkembangan iman seluruh umat secara terus-menerus.

Maka, formasio iman berjenjang dan berkelanjutan bukan semata-mata terbatas pada segi “pengajaran”, melainkan pada seluruh aspek pendidikan iman melalui berbagai kegiatan yang terjadi di paroki, entah itu yang bersifat liturgis, pewartaan hingga yang berbentuk pelayanan sosial. Untuk itu, banyak paroki yang belum optimal dalam melakukan sinergi dan sistem katekese yang berkelanjutan ini. Misalnya saja, menghubungkan katekese inisiasi dengan pendidikan iman lainnya di paroki. Bagaimana membuat kegiatan pendampingan secara terus menerus paska inisiasi

Maka, untuk tindak lanjut beberapa hal tersebut, Sekretariat Bersama FIBB dan Komisi Kateketik Kevikepan Semarang berupaya bersinergi dengan Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki agar lebih mudah dan konkret memikirkan berbagai kegiatan yang dapat dikembangkan di paroki, terutama sebuah gagasan dasar aplikatif dan praktis.

Dalam pertemuan ini juga muncul diskusi dan pertanyaan beberapa Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki menyangkut ukuran atau capaian serta indikator yang dapat digunakan dalam menentukan keberhasilan FIBB di paroki. Indikator apa saja yang perlu ditetapkan di setiap jenjang usianya. Pertanyaan ini sebenarnya sudah terjawab dalam silabus FIBB yang telah diterbitkan, namun dirasakan kurang praktis dan terkesan masih abstrak.

Suasana Gedung KPP KAS, Jl. Imam Bonjol No. 172 dalam kegiatan Temu Koordinasi Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Kevikepan Semarang

Dalam kegiatan ini juga diinformasikan beberapa agenda kegiatan Sekretariat Bersama FIBB yang akan dilangsungkan selama satu tahun di tahun 2024, diantaranya:

  1. Webinar Parenting
  2. Youth Faith Formation Camp I (Sasaran peserta usia tamat SMA – OMK)
  3. Youth Faith Formation Camp II (Sasaran peserta pekerja muda dan belum menikah)
  4. Retret Pelajar Sekolah Negeri-SMP
  5. Lomba Konten Katekese Tiktok
  6. Lomba Film (Dokumenter dan Feature) Pelaksanaan FIBB di paroki-paroki
  7. Penyajian Konten-Konten Katekese di Media Sosial
  8. Perayaan Ekaristi Keluarga dan Melibatkan Semua Lintas Usia Generasi Para Timpel FIBB Paroki di tingkat Rayon-Rayon
  9. Novena tentang pengembangan iman (FIBB)
  10. Pendataan Kebutuhan Pendampingan FIBB Paroki
  11. Melayani Pembelajaran, Penguatan dan Revitalisasi FIBB kepada para Dewan dan Timpel FIBB Paroki sesuai dengan permintaan paroki

Setelah informasi beberapa agenda kegiatan Sekretariat Bersama FIBB, juga diinformasikan beberapa agenda Komkat Kevikepan mengenai kursus katekis inisiasi dan penerbitan buku modul katekese bagi usia dini. (Pur)