Sosialisasi Segayub Paroki Katedral dan Workshop Hybrid 04 “Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)”

Twitter
WhatsApp
Email

Pada hari Minggu, 21 Mei 2023, pukul 10.00 WIB, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) dan Aksi Puasa Pembangunan (APP) Kevikepan Semarang mengadakan Sosialisasi Segayub di Paroki Katedral dan Workshop Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP). Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, dengan harapan pelaku UMKM yang tidak bisa menghadiri secara offline bisa bergabung secara online melalui aplikasi zoom.

Kegiatan Sosialisasi dan Workshop dilaksanakan di Aula SD PL Domenico Savio Semarang, yang dihadiri oleh 52 peserta, yang terdiri dari Pengurus PSE dan Para Pelaku UMKM dari Paroki Katedral dan beberapa dari luar Paroki Katedral. Sedangkan peserta yang mengikuti secara online sekitar 10 partisipan.

Kegiatan dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama pemaparan materi sosialisasi Segayub yang disampaikan oleh Ibu Gwat dan Pak Aan, Tim PSE Kevikepan, dan sesi kedua Workshop Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) oleh Narasumber Bapak Freddy Koeswoyo.,SE.,MSi.,CPA, Dosen Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

Pada sesi pertama, dijelaskan terkait Platform Segayub beserta fitur-fitur yang ada. Para peserta juga diajak untuk terlibat aktif untuk mengakses Platform Segayub dengan scan QR atau melalui link http://Linktr.ee/Segayub_

Bapak Freddy Koeswoyo saat menyampaikan materinya kepada para peserta yang hadir

Setelah sesi pertama tentang Sosialisasi Segayub selesai, para peserta diajak untuk rehat makan siang sejenak sembari menunggu acara sesi kedua, Workshop Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP). Dalam Workshop Perhitungan HPP, dijelaskan oleh Bapak Freddy, bahwa HPP bukanlah Harga Pokok Pembelian melainkan Harga Pokok Penjualan (harga beli atau harga perolehan dari barang yang dijual). HPP timbul saat barang dijual, jika barang belum dijual maka belum timbul HPP. Dengan mengetahui besar HPP maka kita bisa mengetahui besar laba kotor yang kita dapat. Dalam pemaparan juga diberikan contoh perhitungan HPP untuk Usaha Dagang, cara menghitung Laba Kotor dan Perhitungan HPP untuk Usaha Produksi.

Para peserta pun berkesempatan belajar praktek menghitung HPP melalui form yang telah disiapkan panitia. Para Peserta semakin antusias ketika narasumber Bapak Freddy memberikan kesempatan untuk sharing dan bertanya terkait perhitungan HPP yang telah dibuat.

Sharing dari Ibu Yuta, Owner Kue Semprong Yuta kepada para peserta yang hadir

Acara tidak hanya berhenti sampai pada penjelasan Bapak Freddy, tetapi Tim PSE Kevikepan pun mendatangkan Ibu Yuta Endang Pujiastuti, Owner Kue Semprong Yuta untuk dapat bergabung dalam workshop guna memberikan sharing tentang usahanya yang telah berkembang maju hingga saat ini. Dalam sharing, Ibu Yuta menyampaikan bahwa jujur itu penting, bahan apapun yang kita gunakan, itu yang kita tuliskan. Kemauan, kejujuran dan konsisten adalah kunci. Semua ada jatuh bangunnya, kita harus tetap tekun. Ibu Yuta juga menyampaikan pesannya untuk para peserta yang hadir secara offline maupun online bahwa kita harus tetap semangat dan punya visi, karena dari situ kita bisa lebih maju.

Acara ditutup oleh Romo Thomas Ari Wibowo, Pr., Ketua PSE-APP Kevikepan Semarang. Dalam penutup ditekankan oleh Romo Bowo, bahwa sebagai pelaku UMKM harus tetap bertahan dan konsisten.

Materi Sosialisasi dan Workshop dapat diunduh melalui link berikut: Materi Pelatihan tanggal 21 Mei 2023