logokas2

Podcast Orang Muda Katolik (OMK) di Masa Prapaskah 2022 Pertemuan Pertama

Halo sobat OMK Keuskupan Agung Semarang, salam sehat penuh bekat, berkah Dalem.

Wah… enggak kerasa ya, kita sudah masuk lagi di masa Prapaskah. Masa di mana kita diajak untuk kembali merenungkan pertobatan kita sebagai orang muda yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Pada masa Prapaskah tahun ini, gereja Keuskupan Agung Semarang mengajak kita untuk merenungkan tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) yaitu “Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa, dan Berpengharapan.”

Gerakan Aksi Puasa Pembangunan (APP) merupakan salah satu wujud gerakan tobat selama masa prapaskah, yang bermanfaat bagi saudara-saudari kita yang menderita dan berkekurangan. Melalui gerakan APP, OMK digerakkan bersama untuk dengan kemerdekaan hati  membangun pertobatan mulai dengan menyadari dan berusaha meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, bermatiraga dengan puasa dan pantang, berusaha tekun dan setia dalam doa, membaca dan merenungkan Kitab Suci, mengikuti Ekaristi, menyesali dosa dan menyambut sakramen Tobat, memperdalam pemahaman iman melalui aneka katekese, dan belajar peduli serta berbelarasa dengan sesama yang menderita dan berkekurangan. Proses Permenungan dan refleksi bagi OMK akan disampaikan a la OMK yaitu dengan konten Podcast:

  1. Pertemuan Pertama: Tinggal Dalam Kristus

Pada podcast yang pertama, sobat OMK akan diajak untuk merenungkan tema “Tinggal dalam Kristus”. Sobat muda diajak untuk menyadari kehadiran Kristus dalam hidup harian. Hal itu bisa terjadi ketika sobat OMK mau untuk Tinggal Dalam Kristus. Caranya sobat muda diajak berlatih melihat kehadiran Kristus dalam hidup sehari-hari dengan merefleksikan kegiatan yang sobat OMK lakukan. Susah gak ya? Tenang, ada panduan refleksinya kok. Begini caranya:

  1. Pilih tempat yang nyaman untuk nonton podcast ini.
  2. Lihat dan tulis pengalaman yang sobat muda alami selama satu hari ini !
  3. Perasaan apa yang muncul dari pengalaman tersebut?
  4. Menilai dengan bertanya pada diri sendiri, “mengapa pengalaman dan perasaan itu dialami?”
  5. Memaknai pengalaman dan perasaan yang dialami dengan bertanya pada diri sendiri, “Kira-kira apa maksud Tuhan mengizinkan pengalaman dan perasaan itu aku alami dalam hidupku?”

Bangun Niat dalam diri ! Niat apa yang ingin aku bangun dan wujudkan?, setelah aku bisa belajar memaknai perasaan dan pengalaman yang aku alami.

Sobat OMK yang terkasih, selamat memasuki masa Prapaskah 2022, semoga permenungan dalam podcast ini semakin membantu sobat OMK untuk Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa, dan Berpengharapan. Selama merenung. Berkah Dalem.

Facebook
Twitter

Kabar lain