Pelatihan Cyber: Kebhinekaan dalam Literasi Digital

Bertempat di Wisma Salam diadakan Pelatihan Cyber oleh tim KKPKC (Komisi Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan) KAS. Pelatihan Cyber ini mengangkat tema “Kebhinekaan dalam Literasi Digital”. Pelatihan dibagi dalam 2 kelas yaitu Multimedia dan Literasi. Pelatihan Cyber diselenggarakan selama 3 hari dari hari Jumat, 13 Juli 2018 sampai Minggu, 15 Juli 2018 dan diikuti oleh 30 orang kaum muda.Pelatihan ini dibuka dengan misa yang di pimpin oleh Rm F. X Endra Wijayanta, Pr. Seusai misa pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua KKPKC yaitu Rm Endra Wijayanta.

Dalam homili ataupun sambutannya Romo Endra menyampaikan harapannya yang besar agar peserta pelatihan bisa menjadi team cyber Keuskupan yang mampu mewartakan kabar gembira kepada sesama bukan hoaks .Karena di jaman sekarang ini sangatlah mudah bagi bangsa Indonesia untuk terpengaruh dengan hoaks, terutama para kaum muda yang sangat tergila-gila dengan yang namanya teknologi digital. Teknologi digital sekarang ini juga erat hubungannya dengan sosial media yang banyak digunakan oleh kaum muda.

Pada malam di hari yang pertama peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk melakukan tugas dalam suatu kelompok. Detiap post yang diikuti peserta memiliki tujuan untuk menguji kesabaran para peserta pelatihan yang dapat menunjukkan dan mengajarkan peserta bagaimana menanggapi cacian dan maki dari para netizen ketika mereka melawan berita hoaks dan mewartakan kabar gembira.

Kemudian pada hari Kedua para peserta pada kelas Multimedia memasuki Sesi 1 dengan pemateri Ignatius Dwi Karyana Sastra (Dwikoen) dengan materi Photografer. Dalam sesi ini Dwikoen berbagai pengalamannya sebagai seorang photographer yang handal dan professional. Sesi 2 dengan pemateri Priscilia Panti Meyrina menjelaskan tentang Infografis. Dunia grafis kini lebih dapat menarik simpati masyarakat di jaman now.

Kemudian pada sesi 3 dihadirkan pula narasumber yang tak kalah menariknya yaitu Alois Wisnuhardana yang berprofesi sebagai staff kepresidenan. Alois Wisnuhardana berbagi cerita dan pengetahuannya mengenai hoaks yang kini berkembang di negara Indonesia yang menyangkut SARA.

Pada hari ke-3 Sesi 4 pemateri adalah Ega Pramudita.  Ega Pramuditamenyampaikan materi yang sangat berkaitan erat dengan materi pada sesi 2 yang diisi oleh Priscilia Panti Meyrina yakni mengenai desain grafis. Kemudian pada sesi 5, pemateri Andreas Raditya dan Yohana Ajay membahas mengenai Videografi. Pada sesi ini para peserta Multimedia sangat antusias dalam menyerap ilmu yang dibagikan.

Tak kalah dengan kelas Multimedia, di kelas literasi narasumber juga menyampaikan bagaimana kita sebagai warga Indonesia harus bisa menjadi warga digital yang cerdas dalam menanggapi berita yang beredar saat ini di negara kita. Jangan sampai kita gampang terpengaruh oleh berita yang beredar tanpa mengetahui sumber dan keakuratan berita tersebut. Kemudian acara pelatihan ini diakhiri dengan misa penutup yang dipimpin kembali oleh Rm F.X Endra Wijayanta, Pr dan dilanjutkan foto bersama.

Catatan: Tulisan oleh Monica Aurellia dan foto oleh Panitia Pelatihan Cyber

Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain

INDONESIA MAJU

SURAT GEMBALA 75 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA USKUP AGUNG KEUSKUPAN AGUNG