Paroki Kebon Dalem Peduli Kesehatan

Twitter
WhatsApp
Email

Pengobatan dan pemeriksaan darah diadakan di Paroki Santo Franciscus Xaverius Kebon Dalem pada hari Minggu, 4 Juni 2023. Kegiatan yang diadakan di kompleks gedung pastoral paroki ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan pada minggu pertama ini.

Namun, ada yang berbeda dari kegiatan ini. “Umumnya, kegiatan pemeriksaan dan pengobatan saja. Namun kami sadar kalau masyarakat juga perlu diedukasi. Maka, sebelum dilakukan pemeriksaan dan pengobatan kami memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Pada penyuluhan kali ini kami menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu dr. Margareth Gracia Sp. Pd dengan moderator dr Edward Tirtananda, M.Biomed,” demikian penjelasan Ibu Lena selaku Kabid Pelayanan Kemasyarakatan Paroki Kebon Dalem. Penyuluhan dirasa sebagai kegiatan yang penting karena bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Kegiatan penyuluhan, pengobatan, dan pemeriksaan darah diikuti sekitar 104 orang. Mereka bukan hanya umat Katolik, tetapi dari berbagai kalangan masyarakat.

“Kami merasa paroki juga memiliki tanggung jawab untuk ambil bagian dalam pelayanan di tengah masyarakat. Pelayanan itu bukan hanya ke dalam, tetapi juga bergerak menjangkau masyarakat dan sekaligus melibatkan mereka. Ada banyak umat kita yang memiliki kemampuan. Mereka butuh
disapa dan disapa untuk ikut ambil bagian dalam karya-karya Gereja. Dan dengan senang hati mereka menyambut upaya itu,” jelas Rama Wito selaku Pastor Paroki Kebon Dalem. Tim Pelayanan Kesehatan Paroki Kebon Dalem selaku penyelenggara melibatkan banyak pihak untuk ikut bagian. Selain dr Grace dan dr Edwar, masih ada dr Edi Satria Wijanarka. Selain itu, ada juga dosen dan mahasiswa dari Politeknik Katolik Mangunwijaya. Keterlibatan Politeknik Katolik Mangunwijaya adalah bagian dari pelayanan dan pengabdian masyarakat yang dikembangkan oleh kampus tersebut. (YSW)