Misa Syukur HUT ke-56 Tahun Kevikepan Semarang

Twitter
WhatsApp
Email
Suasana Perayaan Ekaristi Syukur atas HUT ke-56 tahun Kevikepan Semarang di Gereja St. Athanasius Agung. Karangpanas

Pada hari Jumat, 21 Oktober 2022, Kevikepan Semarang mengadakan Perayaan Ekaristi Syukur atas Ulang Tahun Kevikepan Semarang ke-56 dengan tema “Mengayuh Bersama untuk Menjadi Sempurna”. Perayaan dilangsungkan di Gereja Santo Athanasius Agung – Karangpanas. Perayaan Ekaristi dimulai pada pukul 17.00 WIB, dipimpin oleh Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto, Pr., selaku Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang sebagai selebran utama. Perayaan Ekaristi dilangsungkan dengan konselebrasi bersama Romo Herman Yoseph Singgih Sutoro, Pr., Romo F.X. Sugiyana, Pr., selaku Vikep Kevikepan Semarang, dan Romo yang berkarya di Kevikepan Semarang. 

Adapun umat yang hadir dalam perayaan ekaristi tersebut dari berbagai macam perwakilan Pengurus Dewan Pastoral Paroki, Komisi di Dewan Pastoral Kevikepan, para Biarawan Biarawati, dan juga berbagai Ormaskat (Organisasi Masyarakat Katolik) di wilayah Kevikepan Semarang. Perayaan ekaristi tersebut disiarkan juga secara live streaming melalui kanal Youtube Komsos Kevikepan Semarang. 

Dalam homilinya, Romo Vikjend menyampaikan dua konteks yang mewarnai pastoral Keuskupan Agung Semarang dewasa ini, yaitu :

Pertama, mewujudkan gerak sinodalitas menggereja dengan semangat berjalan bersama. Romo Vikjend mengingatkan apa yang telah dikatakan oleh Bapa Uskup tentang cara gereja kita merajut sinodalitas dengan lungguh bareng, rembug bareng, mutus bareng, nandangi bareng. Hal itu selaras dengan tema sinode Gereja Universal “Menuju Gereja Sinodal: Persekutuan, Partisipasi, Misi”. 

Kedua, perlunya kesadaran bersama untuk menghadirkan Kevikepan sebagai pusat pelayanan dan penggerak pastoral. Kevikepan harus berupaya mengoptimalkan geraknya selama perjalanan 2,5 tahun ini untuk membawakan semangat Kevikepan sebagai pusat pastoral. Perlunya optimalisasi kehadiran Kevikepan di tengah-tengah umat dalam  karya pelayanan Gereja Keuskupan Agung Semarang ini. 

Doa Lintas Agama usai Perayaan Ekaristi

Seusai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, doa bersama lintas agama, pementasan kesenian kelompok Rebana Terbangan, penampilan dari pemenang lomba dongeng pelindung paroki dari kategori PIA dan PIR, kemudian ucapan selamat ulang tahun Kevikepan Semarang dari para tokoh pemuka agama, Romo Vikep Semarang, dan ketua panitia HUT ke-56 Kevikepan Semarang, Romo Johanes Wegig Hari Nugroho, Pr.

Pengumuman para pemenang lomba yang sudah dilangsungkan selama bulan Oktober

Acara pun berpindah di luar gedung gereja dengan santap malam dan ramah tamah bersama para romo, tamu undangan, dan umat diiringi dengan berbagai hiburan dari kelompok musik “Ndegus”dan  pengumuman pemenang lomba antar-Rayon. 

SELAMAT ULANG TAHUN KE-56 KEVIKEPAN SEMARANG, SEMOGA MAKIN MANTAP DALAM PENGGEMBALAAN PASTORAL DAN TETAP MENGAYUH BERSAMA UNTUK MENJADI SEMPURNA.

Proses Misa Syukur HUT ke-56 tahun Kevikepan Semarang dapat disimak melalui link video berikut: