Menjaga Api Semangat Tim Komsos Paroki Kudus

Twitter
WhatsApp
Email

Kudus – Pada hari Sabtu-Minggu,  2-3 Maret 2024 Komsos Paroki Santo Yohanes Evangelista Kudus mengadakan upgrading anggota di Villa Bougenville, Kajar, Dawe. Kegiatan ini mengambil tema The Power Inside Your Passion., dan diikuti oleh 18 anggota Komsos. Anggota Komsos Kudus didominasi oleh kaum muda yang memiliki satu api semangat yang sama untuk melayani Gereja melalui media komunikasi sosial.

Acara dibuka dengan sesi outbond yang dipandu oleh kak Raymundus atau yang akrab disapa kak Mumu. Sesi outbond dilakukan diawal agar suasana diantara anggota Komsos dapat lebih mencair, serta untuk membangun semangat kerjasama dalam tim. Usai outbond dan makan malam, dilanjutkan dengan sesi sharing antar anggota. Kemudian ditutup dengan BBQ-an agar keakraban antar anggota dapat semakin terjalin.

Sesi bersama pak Thomas (dok. Komsos Kudus)

Pada hari kedua cuaca tampak tidak bersahabat lantaran terjadi hujan dera, sehingga sesi senam pagi dibatalkan. Panitia mengarahkan peserta untuk sarapan, mandi, kemudian packing barang masing-masing mengingat acara akan usai di siang harinya. Setelah panitia memandu acara ice breaking untuk memecah kebosanan peserta, acara dilanjutkan dengan sharing ilmu dari Pak Thomas, anggota senior Komsos Kudus, dengan topik belajar membuat video dan foto menggunakan kamera handphone (HP). Sesi ini menjadi semacam workshop dengan praktek langsung setelah menerima sharing ilmu secara teori dari yang lebih berpengalaman. Peserta diajak mengambil foto atau video dengan objek sekitar lokasi, lalu  memberi caption dan dikumpulkan untuk dipresentasikan bersama peserta lainnya. Masing-masing peserta nampak menunjukkan kreativitasnya dalam memilih objek, menentukan angle, dan menulis caption yang pas dengan hasil tangkapan kamera ponsel mereka sesuai tema dan topik yang dipilih masing-masing.

Sesi bersama Romo Wito (dok. Komsos Kudus)

Setelah sharing dan praktek bersama Pak Thomas selesai, dilanjutkan dengan sesi dari Romo Yustinus Slamet Witokaryono, Pr., selaku Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Kevikepan Semarang. Beliau memberikan materi sharing dengan tema “Berbagi Kisah” yang penting bagi tim pelayanan Komsos, yaitu membahas tentang  peran krusial Komsos Paroki yang sangat berdampak bagi Gereja. Komsos sebagai ujung tombak Gereja menjadi semangat yang disampaikan oleh Romo Wito.

Sharing Romo Wito mampu menggugah para peserta untuk tetap semangat melakukan pelayanan. Selain itu “Judge, See, & Act” menjadi langkah yang perlu dibangun dalam melakukan pelayanan Komsos. Komsos hadir melalui media baru berupa website, youtube, dan media sosial lain yang berkembang pada era sekarang ini. Media digital menjadi alternatif pastoral untuk menciptakan komunitas eklesiologis yang lebih luas tanpa sekat teritori. Acara ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Wito. (Komsos Kudus)