Membangun Semangat Sinodal Paroki Lewat Dewan Pastoral Paroki Gubug

Twitter
WhatsApp
Email

Gubug – Pada hari Minggu, 18 Februari 2024 Paroki Santa Maria Gubug melaksanakan pelantikan Pengurus Gereja Papa Miskin (PGPM) dan Dewan Pastoral Paroki (DPP) yang dipimpin oleh Romo FX. Sugiyana, Pr., selaku Vikep Semarang. Sebelumnya, Tim Akuntansi Kevikepan telah mendampingi sekaligus menyaksikan Timbang Terima Paroki Gubug yang dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Februari 2024. Adapun anggota tim yang diutus yaitu Bapak Daniel, Bapak Aritantyo, Bapak Tri Purwanto, Ibu Lena, dan Ibu Yanti sebaga tim Akuntansi Kevikepan. Dalam Timbang Terima ini, Ketua Tim, yatu ibu Lena menjelaskan beberapa catatan kepada anggota PGPM yang baru, salah satunya mengenai Inventarisasi Asset yang harus segera dibuat.

Proses Timbang Terima bersama Tim Akutansi Kevikepan Semarang

Sehari sebelum pelantikan, Sabtu, 17 Februari 2024 Romo Vikep juga memberikan rekoleksi di aula untuk pengurus PGPM dan DPP Gubug, namun karena ada pengurus yang berhalangan, jadi tidak semuanya bisa hadir. Dalam rekoleksi ini, Romo Petrus La Sadi MSF, selaku Pastor Paroki Gubug, menyampaikan, “Kita bersyukur karena Romo Vikep sendiri yang memberi rekoleksi. Saya secara pribadi bersyukur karena Romo Vikep meluangkan waktu untuk kita semua. Kita Semua yang hadir disini adalah umat pilihan Allah, karena kita dipercaya untuk menjadi pengurus PGPM dan juga pengurus DPP. Semoga yang disampaikan beliau menjadikan bekal untuk pelayanan kita. Selamat mengikuti rekoleksi dan selamat berproses.”

Suasana rekoleksi PGPM dan DPP Paroki Gubug

Selanjutnya, rekoleksi langsung diisi oleh Romo Vikep sendiri. Rekoleksi dimulai pukul 16.30 – 20.45 WIB. Para anggota PGPM dan DPP sangat antusias dalam mengikuti rekoleksi ini. Tema yang diangkat oleh Romo Vikep adalah Membangun Semangat Sinodal Paroki Lewat Dewan Pastoral Paroki. Romo Vikep mengingatkan, “Tanggung jawab paroki bukan semata mata ada di tangan Pastor Paroki dan juga Vikaris Paroki, tetapi merupakan tanggung jawab kita semua yang hadir disini, yaitu para anggota PGPM dan juga anggota DPP yang terpilih, jangan apa-apa diserahkan kepada Romo, tetapi bagaimana kita bisa lungguh bareng, rembug bareng, mutuske bareng, nandangi bareng.

Di penutup sesi, Romo Vikep menegaskan supaya kita semua belajar mendengarkan orang lain, tidak hanya mementingkan ego kita, dan kesetiaan untuk belajar. Dalam pelayanan kita harus berpegang pada 3 prinsip, yaitu Ennoble – Pelayanan yang meningkatkan martabat orang lain, Ennable – ada daya ubah terhdap umat, Credible – Pelayanan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Proses Pelantikan PGPM dan DPP

Perayaan Ekaristi Pelantikan PGPM dan DPP terpilih di mulai pukul 07.30 WIB. Perayaan Ekaristi ini dipimpin oleh Romo Vikep dan didampingi oleh Romo La Sadi. Seperti biasanya mereka yang terpilih mengucapkan janji kesetiaan mereka dalam melayani umat selama satu periode ini. Dalam Homilinya Romo Vikep menegaskan sekali lagi untuk menjalani dengan cinta, dengan rajin, dengan ikhlas dan dengan suka cita. (Tri)