Kolasi Pertama Kevikepan Semarang Tahun 2024

Twitter
WhatsApp
Email

Semarang 21/02/2024. Kolasi pertama Kevikepan Semarang di tahun 2024 ini  diselenggarakan di Paroki Purwodadi pada Rabu, 21 Februari 2024, pukul 10.00 WIB. Kolasi pertama diselenggarakan untuk koordinasi mengenai “Arah dan Gerak Pastoral Strategis Kevikepan Semarang tahun 2024”. Kolasi dimoderatori oleh Rm. Johanes Wegig Hari Nugroho Pr.

Kolasi dimoderatori oleh Rm. Johanes Wegig Hari Nugroho Pr.

Kegiatan Kolasi ini dibuka dengan doa dan sambutan oleh Rm. Emanuel Nuwa, MSF selaku tuan rumah. Kolasi pertama ini memang digunakan untuk kesempatan menyampaikan Kebijakan Pastoral Kevikepan Semarang. Kebijakan ini disampaikan oleh Rm. FX. Sugiyana, Pr., selaku Vikep Semarang untuk mengajak para fungsionaris Dewan Pastoral Paroki memahami dan mengetahui gerak pastoral strategis Kevikepan Semarang tahun 2024 ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan para pemangku Dewan pastoral Paroki ini diantaranya adalah: Gerak pertobatan pastoral dengan upaya pembaruan atas situasi zaman yang berubah. Begitu juga dengan kesadaran akan evangelisasi dan berkatekese. Tekanan pastoral kevikepan 2024 dalam FIBB. Tekanan ini dicanangkan karena situasi yang melatarbelakanginya dari paska pandemi, tantangan iman yang semakin berat dengan kuatnya iklim apologetik. Untuk itu, FIBB perlu disinergikan dan dioptimalkan dengan penyusunan program strategis paroki serta diupayakan mendukung agenda terwujudnya bulan katekese. Disamping program strategis FIBB tersebut, Rm. FX. Sugiyana, Pr. selaku Vikep Semarang juga mengajak mengupayakan perbaikan tata kelola paroki dari pelaporan aset, pelaporan keuangan, NPWP, programasi serta LPJ dan monev. Maka, sangat diharapkan adanya pertemuan PGPM secara berkala, disamping itu berharap optimalisasi pertemuan dan koordinasi Litbang dalam membantu tata kelola dan programasi. Paroki juga diharapkan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan di sekitarnya untuk mengoptimalkan gerakan peduli pendidikan dengan  pemanfaatannya dana Gardu.

Dalam Kolasi ini juga ada tanya jawab dan beberapa diskusi, diantaranya menyangkut bantuan soal pemanfaatan dana gardu, kecederungan meningkatnya generasi tua namun kurang didukung dengan pertumbuhan usai anak-anak Katolik dan kebutuhan SDM FIBB yang perlu terus ditingkatkan. Dalam Kolasi ini juga diingatkan bahwa dengan berkembangnya pengarsipan digital, seringkali beberapa paroki menjadi lemah dalam hal pengarsipan dokumen-dokumennya. Maka pengarsipan dokumen harus tetap dilakukan secara rutin dan terus menerus, tanpa mengurangi kemajuan dalam digitalisasi dokumen.

Kolasi pertama Kevikepan Semarang di tahun 2024 ini diselenggarakan di Paroki Purwodadi

Sebelum ditutup, Rm. FX. Sugiyana, Pr. selaku Vikep menegaskan kembali bahwa Kevikepan Semarang diharapkan juga tetap memperhatikan pastoral kebangsaan yang telah dikembangkan tahun sebelumnya, khususnya kaderisasi bagi para penggerak di bidang kemasyarakatan dan sosial politik serta keterlibatan dalam ruang publik. Berdasarkan evaluasi dan catatan kepanitiaan, diharapkan Perayaan Ultah Kevikepan tahun 2024 akan berpusat di rayon-rayon dengan kegiatan di tingkat Kevikepan yang tidak terlalu banyak dan lebih sederhana. Pastoral Kevikepan Semarang saat ini juga terus didukung dengan beberapa fasilitas, dari Gedung Driyarkara, KPP, Wisma Yohanes dan ruang di Katedral. Dukungan dana untuk operasional Kevikepan Semarang memang senantiasa didukung oleh dana solidaritas paroki, APP, dana operasional program dari subsidi keuskupan dan beberapa dari pengajuan ke Bimas Katolik Propinsi Jawa Tengah.

Kolasi ditutup dengan doa oleh Rm. Bernardus Haryasmara, MSF dilanjutkan dengan sajian makan siang bersama. (Pur)

Kilas kegiatan Kolasi di Purwodadi dapat disimak pada video berikut: