logokas2

Devosi Maria Fatima Magelang

Sejarah Kelahiran

Kelompok Doa ‘Devosi Maria Fatima’ berdiri  pada tanggal 13 Mei 2008 di Paroki St. Maria Fatima Magelang. Awal mulanya tidak begitu jelas, hanya beberapa orang secara rutin berdoa bersama di depan patung Maria Fatima, pelindung paroki Maria Fatima Magelang.

Lama kelamaan beberapa orang tersebut mengusulkan dan memutuskan untuk membentuk kelompok doa. Maka pada tanggal 13 Mei 2008 diputuskan bersama berdirinya kelompok doa yang berdevosi pada Maria Fatima. Dan kelompok doa ini mengambil nama Devosi Maria Fatima. Nama tersebut diambil sesuai dengan nama Paroki yaitu Santa Maria Fatima Magelang.

Visi dan Misi

Visinya adalah menjadi umat Katolik yang tekun memuliakan Tuhan melalui Maria. Sedangkan misinya adalah

  1. Meneladan pribadi Maria sebagai teladan orang beriman,
  2. Meningkatkan rasa cinta kepada Bunda Maria untuk sampai kepada Yesus,
  3. Mewartakan mewartakan kabar baik seperti pesan Maria Fatima yang disampaikan kepada 3 anak penggembala yaitu Jacinta, Lusia dan Fransisco,
  4. Meneladan keutamaan pribadi Maria lebih-lebih keutamaan rendah hati, setia, sederhana, dan taat kepada kehendak Allah.

Kegiatan

  1. Rutin: Setiap tanggal 13, sesuai penampakan Maria kepada 3 penggembala di Fatima, kelompok doa Devosi Maria Fatima mengadakan pertemuan untuk berdoa bersama. Doa diawali dengan penyampaian ujud, dan dilanjutkan doa bersama. Dalam doa bersama ini juga diadakan sharing atau kesaksian pengalaman hidup beriman setelah doa selesai. Acara sering juga diisi dengan pendalaman Kitab Suci, renungan dari rama/suster/awam.
  2. Aksidental
  • Mengunjungi umat, lebih-lebih yang tinggal di Panti Asuhan
  • Mendoakan orang sakit,
  • Mengembangkan devosi Maria Fatima ke stasi-stasi,
  • Mengadakan penyegaran rohani,
  • Mengadakan ziarah atau wisata rohani

Keanggotaan

Semua umat Katolik bolah mengikuti tanpa batas usia dan tanpa terbatas dari Paroki Maria Fatima Magelang. Jumlah anggota sekarang ini sebanyak 25 orang. Anggota senantiasa diharapkan tekun mengikuti kegiatan kelompok doa, menjaga nama baik kelompok, ikut mengembangkan kelompok Devosi  Maria Fatima, menghayati semangat kerjasama setiap kali melaksanakan kegiatan, dan saling menghargai satu dengan yang lain.

Organisasi dan Kepengurusan

Kelompok doa ini bersifar informal, tidak ada anggaran dasar maupun rumah tangga. Susunan pengurus terdiri dari: Pembimbing , Koordinator , Sekretaris, Bendahara, Timja Liturgi, Timja Pembantu Umum

Kelompok doa juga mempunyai logo berupa gambar Bunda Maria Fatima yang dikeliling 13 sinar dan 7 sinar. Tiga belas sinar melambangkan  tanggal penampakan Maria Fatima. Tujuh sinar melambangkan tujuh Sakramen dan tujuh dukacita Maria. Komunikasi media melalui Warta Paroki. Submer dana dari donatur, sumbangan bebas saat pertemuan dan spontanitas bila ada kegiatan mendadak.

Bentuk doa/Struktur doa

Penyampaian ujud, doa rosario, bacaan Kitab Suci dan renungan singkat, doa penutup.

Facebook
Twitter

Kabar lain