Buka Bersama Penggiat Aliansi Mahasiswa Lintas Agama | Kevikepan Semarang

Twitter
WhatsApp
Email
Para peserta buka bersama dari AMALIA berfoto bersama di samping Gereja Katedral

Aliansi Mahasiswa Lintas Agama atau disingkat dengan AMALIA merupakan wadah persaudaraan mahasiswa dari berbagai agama yang belum lama dicanangkan. AMALIA ini terbilang masih baru, karena baru terbentuk kurang lebih bulan November tahun 2022 di Semarang. Wadah ini dilatarbelakangi oleh kerinduan beberapa kampus keagamaan di Semarang, yaitu Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPKat) St. Fransiskus Assisi Semarang bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) untuk berjejaring dan menjalin kerjasama, khususnya berkegiatan dan berkesenian. Salah satu inisiator AMALIA  adalah Bapak M. Saekan Muchith yang saat ini aktif menjadi Dosen tetap Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Romo F.X Sugiyana, Pr. selaku Vikep Semarang dan pengampu di STPKat tentu membuka peluang ajakan kerjasama dari Bapak Saekan untuk kepentingan meningkatkan semangat moderasi beragama bagi para mahasiswa calon guru-guru agama ini.

Para peserta dan tamu undangan dalam buka bersama

Maka, pada tanggal 29 Maret 2023, bertempat di Gedung Sukasari Gereja Paroki Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari atau Gereja Katedral dilangsungkan kegiatan buka bersama yang mengundang AMALIA. Kegiatan dihadiri kurang lebih 40an peserta dari beberapa mahasiswa STPKat dan UIN Walisongo Semarang. Dalam kegiatan ini juga dihadiri undangan khusus Bapak WS. Andi Gunawan dari MATAKIN, Ibu Setyaningrum dan Ibu Zaimatul Chasanah dari Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah. Disamping itu, hadir juga Ibu Anny Ngakan dari WHDI Jawa Tengah, bersama beberapa mahasiswa dari Pendidikan Agama Hindu seputar Semarang dan mahasiwa Abdiel. Hadir juga dosen pendamping mahasiswa Ibu Nerita dari STPKat.

Acara dibuka dengan beberapa sambutan dan nyanyian bersama menyambut Ramadhan. Kegiatan dipandu oleh saudara Januar dan saudari Dewi dari STPKat selaku tuan rumah bergiliran kegiatan AMALIA ini.

Suasana buka bersama di gedung Sukasari, Gereja Katedral Semarang

Dalam kesempatan kegiatan ini, para mahasiswa yang hadir diajak saling menjalin persaudaraan dan berbincang bersama mengenai arti penting moderasi beragama. Ibu Zaimatul Chasanah memberikan pengantar singkat mengenai pentingnya mengembangkan forum-forum kebersamaan, khususnya dalam diri orang muda melalui AMALIA ini. Bapak Saekan selaku inisiator gerakan pun mengajak para mahasiswa untuk terus mengembangkan kegiatan kebersamaan dalam AMALIA ini tidak sekedar buka bersama, melainkan kegiatan-kegiatan berbudaya dan berkesenian. (Pur)

Keseruan Buka Bersama AMALIA Jateng dapat disimak melalui video berikut: