BKL Hari 16: Sakramen-Sakramen Inisiasi

Bapak Ignatius memiliki putri Kartika yang berkebutuhan khusus. Ia bersyukur atas anugerah pembaptisan putrinya bersama 248 penyandang disabilitas lainnya di salah satu Gereja. Kartika pun secara resmi masuk dalam persekutuan Gereja Katolik.

Apa yang dimaksud dengan sakramen Inisiasi dalam Gereja Katolik? Kata inisiasi berasal dari bahasa Latin initiatio(kata benda) dan inire atau initiare (kata kerja) yang berarti masuk atau bergabung. Maka inisiasi berarti masuk atau memasukkan seseorang ke dalam suatu kelompok dan sekaligusada pihak atau kelompok yang menerimanya. Dalam praktek hidup harian, kita juga menggunakan istilah inisiasi ini. Ketika seseorang hendak masuk atau diterima dalam sebuah kelompok, ia harus mengikuti masa inisiasi. Misalnya adalah siswa baru yang mau masuk ke suatu sekolah.

Yang termasuk dalam sakramen-sakramen inisiasi dalam Gereja adalah Sakramen Baptis, Sakramen Ekaristi dan Sakramen Krisma.Sakramen Baptis adalah sakramen inisiasi pertama yang diterimakan. Sakramen Baptis mempunyai dua makna yakni:1) diikutsertakan dalam kebangkitan Kristus dan diangkat menjadi putra-putri Allah; 2) menjadi anggota Gereja yang adalah keluarga Allah yang tampak di dunia. Sakramen Baptis ini menjadi syarat pokok untuk menerima komuni pertama. Dengan menerima Sakramen Ekaristi, seseorang mengambil bagian secara penuh di dalam Tubuh Kristus. Ia disatukan dengan Kristus dan jemaat yang lain. Sedangkan dengan Sakramen Krisma,seorang umat beriman dianggap dewasa dalam iman dan siap bersaksi.

Dengan menerima sakramen-sakrameninisiasi secara lengkap, seseorang bergabung secara penuh di dalam Gereja.Iapun siap untuk mewartakan Injil Tuhan dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain

INDONESIA MAJU

SURAT GEMBALA 75 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA USKUP AGUNG KEUSKUPAN AGUNG