117 Umat Paroki TDGY Macanan Menerima Sakramen Penguatan, Bapa Uskup: Siap Diutus Jadi Saksi Kristus

Twitter
WhatsApp
Email
Sebanyak 117 umat Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan menerima Sakramen Penguatan dari Bapa Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko

Sebanyak 117 umat Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan menerima Sakramen Penguatan dari Bapa Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Sabtu (9/9/2023).

Perayaan ekaristi penerimaan Sakramen Penguatan dimulai pukul 18.00 WIB mengusung tema “Menjadi Milik Kristus, Siap untuk Bersaksi”

Perayaan ekaristi dipimpin oleh Mgr. Robertus Rubiyatmoko dengan konselebran Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr dan Romo Antonius Koko Kristanto, Pr.

Dalam homilinya Bapa Uskup menyampaikan, dengan menerima Sakramen Penguatan, maka kita siap diutus untuk menjadi saksi Kristus. Dengan Sakramen Penguatan, kita dikuatkan oleh Roh Kudus untuk bertumbuh dewasa dalam iman dan hidup dalam kasih. Hidup dalam kasih artinya kita memiliki kepedulian terhadap orang lain, khususnya pada mereka yang tidak melakukan kebaikan atau melakukan sesuatu yang tidak berkenan di hadapan Allah. Kita wajib mengingatkan, menuntun, jangan membully, jangan menjauhi dan jangan membiarkan mereka hancur. Tugas kita untuk mendekati dan membawa kembali ke jalan yang benar. Inilah sikap orang beriman yang dewasa, mengajak orang pada Kristus, Sang Sumber keselamatan. Roh Kudus yang dicurahkan kepada kita, menjadikan kita sebagai anak-anak Allah, berani menjadi saksi-Nya, dan mengambil peran dalam tugas perutusan gereja.

Bapa Uskup menambahkan, beriman secara dewasa berarti beriman secara cerdas dan bertanggungjawab. Saling menopang dan membantu, menghargai satu terhadap yang lain.

Bapa Uskup juga menyampaikan ada 3 ciri khas kedewasaan dalam iman: paham akan Yesus yang diimani, menghidupi iman dalam keseharian, dan dewasa dalam iman.

Wakil Ketua II Awam:
Fransiskus Xaverius
Sujadi mewakili pengurus PGPM dan Dewan Pleno Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan mengucapkan terima kasih kepada Mgr. Robertus Rubiyatmoko karena hadir di Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan untuk memberikan Sakramen Penguatan kepada 117 umat.

“Selamat kepada 117 penerima Sakramen Penguatan yang dengan tekun dan telaten mengikuti tahap demi tahap sehingga hari ini menerima Sakramen Penguatan dari Bapa Uskup. Terima kasih juga kepada Romo Antonius Koko Kristanto, “kata Sujadi.

Romo Antonius Koko Kristanto juga berpesan untuk 117 penerima Sakramen Penguatan untuk menjadi saksi Kristus, dan ia merasa bersyukur jika ada di antara penerima Sakramen Penguatan ada yang terpanggil untuk menjadi Imam atau Suster.

Profisiat kepada seluruh penerima Sakramen Penguatan. Semoga bertumbuhkembang dalam iman, selalu dipenuhi dengan Roh Kudus dan selalu dimampukan untuk terlibat secara aktif di tengah gereja dan masyarakat.


Oleh: Clementine Roesiani