Panduan Ekaristi Online Hari Raya Kenaikan Tuhan 2020

RITUS PEMBUKA

Antifon Pembuka
Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu takjub memandang ke langit? Sebagaimana kamu melihat Yesus naik ke surga demikian Ia akan datang kembali, alleluya.

Tobat
I Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah manusia pertama yang naik ke surga dan ikut serta dalam kemuliaan serta kekuasaan Bapa.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

I Engkau telah bangkit dan naik ke surga agar kami dapat ikut serta dalam kekuasaan yang mengalahkan maut dan dosa.
Kristus, kasihanilah kami.
U Kristus, kasihanilah kami.

I Engkaulah jaminan bahwa kami, GerejaMu, akan mengikuti kemuliaanMu karena Engkau kepalanya sudah mendahului masuk ke surga.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

 

Madah Kemuliaan

 

Doa Pembuka 1
I Marilah kita berdoa.
Allah Yang Mahakuasa, semoga kami bersorak-sorai karena sukacita yang suci dan dengan gembira mengucapkan syukur. Sebab dalam diri Kristus yang naik ke surga kami ditinggikan, dan sebagai anggota TubuhNya kami pun berharapkan turut serta dalam kemuliaan Kristus, Kepala Gereja, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U Amin.
atau
I Marilah kita berdoa.
Allah Yang Mahakuasa, kami percaya bahwa pada hari ini Putra TunggalMu, Penebus kami, telah naik ke surga. Curahkanlah rahmatMu, agar hati kami pun selalu terarah ke surga. Dengan perantaraan Yesus Kristus, PutraMu, Tuhan kami, yang bersama degan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa,Allah, sepanjang segala masa.
U Amin

 

Doa Pembuka 2
I Marilah kita berdoa.
Allah Bapa yang Mahamulia, Engkau telah berkenan menerima persembahan hidup PutraMu dengan kenaikanNya ke surga. Semoga berkat kenaikanNya ini, semakin kokohlah iman dan harapan kami akan kehidupan kekal yang Kaujanjikan dan semakin kuatlah usaha kami untuk menjadi saksi cinta kasihMu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putramu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U Amin.

 

Bacaan I (Kis 1:1-11)
Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu, berkat kuasa Roh Kudus, Ia telah memberi perintah kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. Setelah penderitaan-Nya selesai, Ia menampakkan diri kepada mereka, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu hari, ketika makan bersama-sama dengan mereka, Yesus melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang “telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab — beginilah kata-Nya — “Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” Maka, bertanyalah mereka yang berkumpul di situ, “Tuhan, pada masa inikah Engkau mau memulihkan Kerajaan bagi Israel?” Jawab-Nya, “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.” Sesudah mengatakan demikian, terangkatlah Yesus disaksikan oleh murid-murid-Nya, sampai awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Yesus naik, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka, “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri menatap ke langit? Yesus yang terangkat ke surga meninggalkan kamu ini akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu lihat Dia naik ke surga.”
Demikianlah sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan
Ulangan : Allah telah naik diiringi sorak-sorai, Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala.

 

Bacaan II (Ef 1:17-23)
Saudara-saudara, kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa Yang Mahamulia, aku memohon supaya Ia memberikan kamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar supaya Ia menjadikan mata hatimu terang agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya; yaitu betapa kaya kemuliaan yang dijanjikan-Nya untuk diwarisi oleh orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya. Kekuatan itu sesuai dengan daya kekuatan Allah, yang bekerja dalam Kristus, yakni kuasa yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan Allah dalam surga. Di situ, Kristus jauh lebih tinggi dari segala pemerintahan dan penguasa, kekuasaan dan kerajaan serta tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini melainkan juga di dunia yang akan datang. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan Allah kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat itulah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Diri-Nya, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

 

Bait Pengantar Injil
Alleluya

 

Bacaan Injil (Mat 28:16-20)
Sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati, kesebelas murid berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia, mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.”

 

Homili
Syahadat

 

Doa Umat 1
I Yesus yang sengsara, wafat, dan bangkit bagi keselamatan kita telah naik ke surga. Maka, marilah kita panjatkan doa dengan perantaraanNya kepada Bapa.

L Bagi Bapa Suci, para Uskup, dan segenap pejabat Gereja.
Semoga Allah Bapa mencurahkan Roh Kudus kepada Sri Paus, para Uskup dan segenap pimpinan Gereja, agar mereka membangun Gereja untuk masa ddepan dengan mantap dan penuh semangat. Marilah kita mohon…
U Curahkanlah Roh KudusMu kepada kami, ya Tuhan

L Bagi para pemimpin bangsa-bangsa
Semoga Allah Bapa menerangi hati dan budi para pemimpin bangsa-bangsa agar mereka benar-benar melayani keadilan dan membantu rakyat memperkembangkan diri mereka sesuai dengan kehendakMu. Marilah kita mohon…
U Curahkanlah Roh KudusMu kepada kami, ya Tuhan

L Bagi para penderita
Semoga para penderita terhibur serta tumbuh harapannya berkat kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Marilah kita mohon…
U Curahkanlah Roh KudusMu kepada kami, ya Tuhan

L Bagi kita di sini
Semoga Allah Bapa senantiasa menyertai setiap langkah hidup kita agar kita dapat berharap pada suatu waktu akan mencapai kemuliaan bersama Kristus, sanggup melaksanakan tugas di dunia dewasa ini dengan tabah dan mantap. Marilah kita mohon…
U Curahkanlah Roh KudusMu kepada kami, ya Tuhan

I Allah Bapa Yang Mahamulia, melalui Yesus PutraMu kami diberi kesempatan menghadap tahta rahmatMu. Perkenankanlah kami melihat kebaikanMu dan pada saatnya nanti Engkau ikut sertakan dalam kemuliaan PutraMu yang telah mendahului kami memasuki hidup kekal di sisiMu. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami.
U Amin

Doa Umat 2
I Sebelum naik ke surga, Kristus bersabda,”Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan, Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan BapaKu.” Marilah kita berdoa kepada Bapa dengan kepercayaan bahwa Kristus akan mengirimkan kepada kita apa yang telah dijanjikan Bapa bagi kita.

L Bagi Bapa Suci, para Uskup dan seluruh Umat Allah.
Ya Bapa, doronglah Bapa Suci, dan para Uskup, serta seuruh Umat Allah untuk menempuh jalan pembaruan tanpa takut; dan berani percaya pada masa depan yang cerah sesuai dengan kehendakMu. Marilah berdoa…
U Utuslah RohMu kepada kami, ya Tuhan.

L Bagi pemimpin masyarakat.
Ya Bapa, sertailah dan curahkanlah Roh KudusMu kepada pemimpin masyarakat kami sehingga pelayanan mereka selalu digerakkan dan terarah kepada InjilMu yang adalah Kabar Gembira cinta kasih, keadilan, dan perdamaian. Marilah berdoa…
U Utuslah RohMu kepada kami, ya Tuhan.

L Bagi mereka yang menderita demi Injil.
Ya Bapa, kuatkanlah hati dan iman saudara-saudari kami yang dianiaya karena InjilMu. Semoga mereka tidak pernah merasa sia-sia atas kesaksian hidup mereka. Marilah berdoa…
U Utuslah RohMu kepada kami, ya Tuhan.

L Bagi kita semua.
Ya Bapa, bukalah hati kami terhadap RohMu; buatlah kami rukun dan bersatu hati dan sejiwa sehingga bersama-sama kami bangun suatu jemaat, dan kami memperlakukan sesama kami seperti Engkau telah memperlakukan kami. Marilah berdoa…
U Utuslah RohMu kepada kami, ya Tuhan.

I Allah Bapa di surga, Engkau telah menyerahkan segala kuasa di surga dan di bumi kepada Kristus PutraMu. Berkat RohMu, semoga kami dapat menjadi Sabda dan kehadiran Kristus bagi dunia ini. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami.
U Amin.

LITURGI EKARISTI

Doa Persiapan Persembahan 1
I Ya Allah, dengan rendah hati kami mempersembahkan kurban ini pada perayaan kenaikan PutraMu yang menakjubkan. Kami mohon, semoga berkat pertukaran yang amat kudus ini kami turut bangkit menuju sukacita surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.

Doa Persiapan Persembahan 2
I Allah Bapa Yang Maha Pengasih dan Penyayang, semoga roti dan anggur yang kami persembahkan dan kami mohonkan berkatMu ini memperbaharui hubungan kami dengan Dikau dan sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.

 

Prefasi Kenaikan

Antifon Komuni
Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman, alleluya.

 

Doa sesudah Komuni 1
I Marilah kita berdoa.
Allah Yang Mahakuasa dan kekal, Engkau memperkenankan kami yang hidup di dunia ini menikmati misteri-misteri illahi. Kami mohon, bangkitkanlah dalam diri kami kerinduan akan tanah air surgawi, tempat kami ditinggikan dalam kemuliaanMu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U Amin.

Doa sesudah Komuni 2
I Marilah kita berdoa.
Ya Allah, kami telah merayakan kenaikan PutraMu ke surga untuk membuka jalan keselamatan bagi kami. Semoga, kami setia dalam peziarahan hidup kami di dunia ini dan selalu mengikuti jejakNya sehingga suatu saat nanti Kau perkenankan memandang wajahMu dalam keabadian. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.

RITUS PENUTUP
Facebook
Google+
Twitter

Kabar lain