logokas2

Podcast Orang Muda Katolik (OMK) di Masa Prapaskah 2022 Pertemuan Kedua

Halo sobat OMK Keuskupan Agung Semarang, salam sehat penuh bekat, berkah Dalem.

Wah… enggak kerasa ya, kita sudah masuk lagi di masa Prapaskah. Masa di mana kita diajak untuk kembali merenungkan pertobatan kita sebagai orang muda yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Pada masa Prapaskah tahun ini, gereja Keuskupan Agung Semarang mengajak kita untuk merenungkan tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) yaitu “Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa, dan Berpengharapan.”

Gerakan Aksi Puasa Pembangunan (APP) merupakan salah satu wujud gerakan tobat selama masa prapaskah, yang bermanfaat bagi saudara-saudari kita yang menderita dan berkekurangan. Melalui gerakan APP, OMK digerakkan bersama untuk dengan kemerdekaan hati  membangun pertobatan mulai dengan menyadari dan berusaha meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, bermatiraga dengan puasa dan pantang, berusaha tekun dan setia dalam doa, membaca dan merenungkan Kitab Suci, mengikuti Ekaristi, menyesali dosa dan menyambut sakramen Tobat, memperdalam pemahaman iman melalui aneka katekese, dan belajar peduli serta berbelarasa dengan sesama yang menderita dan berkekurangan. Proses Permenungan dan refleksi bagi OMK akan disampaikan a la OMK yaitu dengan konten Podcast:

Pertemuan Kedua: Berbelarasa dan Berpengharapan

Podcast yang kedua, sobat OMK diajak untuk merenungkan tema “Berbelarasa dan Berpengharapan”. Setelah di pertemuan pertama, sobat OMK diajak untuk menemukan makna kehadiran Tuhan dalam hidup sehari-hari, kini di pertemuan kedua, sobat OMK diajak untuk memikirkan perbuatan baik apa yang bisa aku lakukan untuk orang-orang yang ada di sekitarku. Ini adalah buah atau wujud nyata dari permenungan yang pertama. Sobat OMK harus berani melakukan sesuatu yang baik kepada sesama, memikirkan kebaikan untuk sesama, berbelarasa, sehingga bisa membawa pengharapan bagi sesama. Harapannya, sobat OMK dapat menjadi OMK yang semakin Katolik, Kreatif, dan Kontributif.  Maka pertanyaan yang bisa direnungkan:

  1. Perbuatan baik apa yang selama ini sudah aku lakukan untuk sesamaku? Terlebih bagi mereka yang kecil, lemah, miskin, menderita, dan difabel?
  2. Apa wujud perbuatan baik yang akan aku lakukan selama masa prapaskah ini?
  3. Apa motivasi utamaku ketika aku berbuat baik bagi sesamaku?

Sobat OMK yang terkasih, selamat memasuki masa Prapaskah 2022, semoga permenungan dalam podcast ini semakin membantu sobat OMK untuk Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa, dan Berpengharapan. Selama merenung. Berkah Dalem.

Facebook
Twitter

Kabar lain

Baby Vampy: HEMAT ENERGI

Hemat energi?? apakah itu?? Yuk belajar bagaimana hemat energi dalam keseharian kita bersama Vampy – vampir yang baik hati dan juga Baddy – vampir usil yang selalu ganguin Vampy.

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.