logokas2

Panduan APP PIA 2022 ‘Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa dan Berpengharapan’

Syukur kepada Allah kita kembali diperkenankan memasuki masa Prapaskah, untuk secara khusus mempersiapkan diri merayakan puncak karya keselamatan Tuhan dalam perayaan Paskah. Sekitar 2 tahun terakhir ini kita hidup di tengah Pandemi Covid-19, yang dampaknya mungkin masih kita rasakan hingga saat ini. Situasi pandemi selama ini, juga menyadarkan bagi kita umat beriman akan kerapuhan diri kita sebagai manusia. Namun dengan semangat solidaritas dan terus membangun pengharapan bersama, kita dapat melewati masa-masa sulit pandemi ini.

Kita mengawali Masa Prapaskah dengan Rabu Abu. Dengan menerima abu, kita diingatkan kembali akan kerapuhan kita di hadapan Tuhan. Hidup di dunia ini hanyalah sementara. Pada saatnya nanti kita semua akan kembali menjadi debu tanah, tempat asal kita diciptakan. “sebab, engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.” (Kej 3:19). Masa Prapaskah menjadi masa pertobatan bagi kita yakni meninggalkan segala dosa dan kembali kepada Tuhan. Selama 40 hari kita bersama mengolah diri, yakni menyesali segala dosa kita dan bertobat memperbaharui diri dengan berbelarasa dan berpengharapan di dalam kasih Tuhan. Masa Prapaskah sekaligus sebagai retret agung bagi kita agar kita menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan mengasihi sesama.

Pada masa Prapaskah kali ini, Panitia APP KAS telah menyusun Buku Pertemuan APP Lingkungan. Buku panduan ini diharapkan bisa membantu umat untuk mengolah hidup selama masa Prapaskah. Pengolahan hidup selama masa Prapaskah dapat dilaksanakan dalam kelompok-kelompok kecil dengan tetap menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama sesuai situasi dan kondisi di tempat kita masing-masing.

Seiring dengan Gerak Pastoral KAS yang tertuang dalam ARDAS KAS dan mempertimbangkan dampak Pandemi Covid19 yang mungkin masih kita alami, pada tahun 2022 ini, Panitia APP KAS mengajak seluruh umat untuk mengolah tema APP: Tinggal Dalam Kristus, Berbelarasa dan Berpengharapan. Semoga dengan bahan dan tema APP kali ini, kita semua terbantu dalam mengolah hidup kita selama retret agung masa Prapaskah tahun ini. Semoga kita semakin tinggal dalam Kristus, turut bangkit bersama-Nya dan hidup kita pun berbuahkan belarasa dan pengharapan.

Facebook
Twitter

Kabar lain

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat