logokas2

Tinggal dalam Kristus dan Berbuah

Tinggal dalam Kristus dan Berbuah

Tinggal dalam Kristus dan Berbuah
Renungan Bulan Katekese Liturgi KAS 2 Mei 2021

Johni amat bangga ketika terpilih menjadi Ketua OSIS di SMA-nya. Dia berkata ke keluarga dan teman-temannya, “Aku bisa terpilih itu berkat pidato kampanyeku yang
menyentuh banyak teman siswa, dan mereka memang tahu kalau aku ini kompeten, berprestasi, dan bertanggung jawab.” Tetapi kakeknya yang mantan prodiakon tiba-tiba saja berkata, “John, John, kamu terpilih itu karena Tuhan, bukan karena kamu !” Johni kaget dan terdiam.

Semua karya yang berhasil, prestasi yang diakui, gelar yang diraih hanyalah anugerah dari Tuhan. Itu adalah buah dari kesatuan kita dengan Tuhan, bukan prestasi kita
semata. Injil pada bacaan Minggu Paskah V hari ini persis menyampaikan hal tersebut: “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian pula kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku” (Yoh. 15:4).

Hal ini sangat sesuai dengan tema dasar Ardas VIII KAS tahun 2021-2025, yang berbunyi: “Tinggal dalam Kristus dan Berbuah”. Dalam lima tahun ke depan, umat KAS ingin menjadi satu dalam persekutuan paguyuban-paguyuban murid Kristus yang bersatu erat dengan Kristus (tinggal dalam Kristus) agar hidup kita menghasilkan buah kasih yang lebat (berbuah).

Kesatuan dengan Tuhan atau “tinggal dalam Kristus” dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti melalui pekerjaan, melayani sesama, berdoa, membaca Kitab Suci,
dan sebagainya. Tetapi kesatuan dengan Kristus itu hanya terjadi secara istimewa dan sakramental melalui perayaan Ekaristi. Ekaristi adalah peristiwa tinggal dalam Kristus, dan kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan buah dari perayaan Ekaristi kita.

Facebook
Twitter

Kabar lain

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat

CintaMu Mematri Pilihanku: Menepis Ragu

Kunjungannya ke Dr. Ridho & Museum Asian Youth Day Indonesia membuat Evan teringat akan sesuatu yang penting yang selama ini telah dia lupakan. Evan pun mengajak Ferina untuk menemui Alex dan merencanakan sesuatu.