logokas2

Santo Yusuf, Seorang Bapak yang Menerima

Santo Yusuf, Seorang Bapak yang Menerima

Paidi, seorang karyawan, tampak tertunduk lesu manakala mendapatkan surat PHK dari perusahaan tempatnya bekerja. Ia sempat bertanya di dalam hati, mengapa di masa pandemi ini ia mengalami serangkaian peristiwa berat secara bertubi-tubi, mulai dari persoalan pekerjaan hingga
kebutuhan hidup keluarga yang terus meningkat. Beruntung bahwa Paidi adalah pribadi yang tidak mudah menyerah pada keadaan dan percaya pada seluruh rencana Tuhan yang terkadang membingungkan. Ia teringat perkataan Ayub manakala menjawab ajakan istrinya untuk memberontak
terhadap semua kejahatan yang menimpanya: “Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?” (Ayub 2:10).

Sosok Paidi mengingatkan kita akan gambaran Santo Yusuf sebagai seorang bapak yang menerima. Ia mengalahkan egonya dengan menerima Maria tanpa menuntut syarat apa pun. Jalan rohani yang ditunjukkan Yusuf kepada kita bukanlah jalan yang menjelaskan, tetapi jalan menerima.
Hanya berangkat dari penerimaan, dari pendamaian ini, orang juga bisa memahami sejarah yang lebih besar, makna yang lebih dalam (PC, No. 4). Yusuf adalah pribadi yang kuat dan berani. Ia tidak mengambil jalan pintas, tetapi menghadapi semua dengan keterbukaan hati akan bimbingan Tuhan.

Acap kali dalam hidup ini banyak peristiwa yang terjadi tidaklah mudah untuk dimengerti. Bukanlah masalah besar apabila saat ini segala hal tampak berjalan tidak semestinya. Teruslah maju dan berjalan ke depan sebab Allah mampu menumbuhkan bunga-bunga di antara bebatuan. Cari, temukan, dan lihatlah bunga-bunga indah di antara semak berduri! Anda akan mengaguminya.

Renungan dalam bentuk video dapat dilihat DI SINI.

Facebook
Twitter

Kabar lain

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat