logokas2

Lansia dan Kerinduan Ekaristi

Lansia dan Kerinduan Ekaristi

Nenek Katarina sudah berusia 85 tahun dan tinggal di rumah anaknya yang sudah berkeluarga. Nenek sudah susah berjalan, tetapi relatif sehat. Tiap hari rajin berdoa Rosario, dan terkadang ikut Misa online yang diputarkan di handphone cucunya. Nenek Katarina selalu bilang ke anaknya, agar anaknya mengusahakan pengiriman Komuni dari paroki untuk dirinya. Nenek Katarina berulang kali bilang kalau rindu pada Tubuh Kristus, sambut Komuni Kudus.

Salah satu dampak pandemi adalah rentannya orang-orang lanjut usia terhadap bahaya penularan Virus Corona. Itulah sebabnya, di masa pandemi ini, Gereja di paroki-paroki belum memperbolehkan para lansia untuk ikut hadir di gereja mengikuti Misa offline. Para lansia dapat mengikuti tayangan Misa lewat live-streaming. Paus Benediktus XVI berkata, “Sangatlah dihargai kalau orang-orang lanjut usia dan orang-orang sakit berpartisipasi dalam Misa hari Minggu lewat radio atau televisi” (SCar. 57). Jadi Misa secara online memang diperkenankan, terlebih bagi orang-orang lanjut usia dan sakit. Mengapa? Karena mereka terhalang secara fisik untuk hadir di gereja tempat Misa berlangsung.

Kita bisa belajar dari orang-orang lansia mengenai kerinduan mereka pada Tuhan Yesus yang hadir dalam Sakramen Mahakudus. Orang-orang yang sangat teguh mengimani bahwa kehadiran Tuhan Yesus dalam Komuni Suci tak tergantikan dan tak dapat dibandingkan dengan bentuk-bentuk yang lain. Kerinduan akan Yesus dalam Sakramen Mahakudus dan menyambut Tuhan dalam Komuni Suci memang hal yang paling perlu dimiliki oleh semua orang Katolik pada masa pandemi ini.

Renungan Bulan Katekese Liturgi 7 Mei 2021 dalam video dapat dilihat di sini:

https://youtu.be/RiCY4u-De5k

Facebook
Twitter

Kabar lain

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat