logokas2

Maria Konggregasi (Paroki St. Ignatius Magelang)

Sejarah Kelahiran 

            Maria Kongregasi didirikan oleh Ordo Serikat Jesus di Roma  dan disahkan oleh Takhta Suci pada abad 16. Kelompok doa ini diperkenalkan di Indonesia oleh Rm. Scoot SJ.

Simbol kolompok doa adalah HIS dan medali MC. Tulisan HIS tercantum dalam medali Maria Kongregasi. Selain tulisan dan medeli,  tercantum pula simbol Maria bermahkota yang menggendong Yesus. Semuanya mau mengatakan bahwa Maria yang bermahkota berarti Maria mendapat gelar ratu. Maria menggendong kanak-kanak Yesus  mau mengartikan Maria sebagai ibu  yang kuat dan tabah dalam menghadapi permasalahan hidup. Contohnya adalah Maria dengan tabah menyaksikan langsung sengsara dan wafat  Yesus di salib. Ia menyaksikan sendiri perjalanan penderitaan putranya.

Cirikhas  atau tugas utama  anggota Maria Kongregasi yaitu mendoakan para  imam, bruder, suster. Doa bisa dilakukan sendiri-sendiri, maupun dalam pertemuan. Karena Santa Perawan Maria  menjadi pelindung kelompok  doa ini, maka setiap anggota diminta memilih satu gelar Maria sebagai moto atau semangat menghayati  keanggotaannya dalam kelompok doa ini. Gelar tersebut umpamanya Perawan maria diangkat ke surga, Maria bintang samudra.

 

Visi dan Misi

Visi kelompok doa Kongregasi Maria adalah menjadi anggota yang makin berbakti dan cinta kepada Tuhan Yesus melalui Santa Perawan Maria yang Suci.

 

Misinya adalah

  • Mendoakan imam, bruder dan suster,
  • Mendoakan orang sakit baik anggota maupun bukan anggota,
  • Berbagi kasih kepada mereka yang adiyuswo (lansia),
  • Mengunjungi mereka yang sedang mengalami kesulitan hidup. Umpamanya mereka yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

 

Kegiatan

Kelompok doa ini mempunyai kegiatan antara lain,

  • Pertemuan atau sidang dengan acara utama adalah berdoa,
  • Melaksanakan Program Kerja Paroki,
  • Mengikuti acara-acara lintas kelompok doa,
  • Rekoleksi, ziarah.

 

Keanggotaan

Calon anggota Kongregasi harus mengikuti latihan-latihan telebih dahulu selama minimal ½ tahun dan maksimal  1 tahun. Latihan rohani yang sudah sering dilaksanakan adalah

  1. Mengikuti pelajaran tentang Maria,
  2. Calon telah mengaku dosa,
  3. Calon diterima dan dilantik oleh pastor paroki setempat.
Facebook
Twitter

Kabar lain

Baby Vampy: HEMAT ENERGI

Hemat energi?? apakah itu?? Yuk belajar bagaimana hemat energi dalam keseharian kita bersama Vampy – vampir yang baik hati dan juga Baddy – vampir usil yang selalu ganguin Vampy.

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.