logokas2

Glenikan KOMOS KAS 2019

Glenikan KOMOS KAS 2019
peserta Glenikan Komsos KAS 2019

 

Sekitar 65 orang yang berasal dari para Pengurus Komisi Komsos Kevikepan mengikuti kegiatan Glenikan Komsos KAS 2019 yang diadakan di Wisma Salam pada tanggal 24-26 Mei 2019. Tema dari kegiatan ini adalah “Kita adalah Sesama: Komunitas kang Ndayani”.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka mempersiapkan para pengurus Komsos Kevikepan untuk ikut ambil bagian dalam pelaksanaan Kevikepan sebagai pusat kegiatan pastoral. Selain itu, kegiatan ini menjadi bagian dari Hari Komunikasi Sosial tahun 2019 yang puncak peringatannya pada tanggal 2 Juni yang akan datang,” demikian penjelasan Rama YS Witokaryono Pr, Ketua Komisi Komsos KAS.

Peran media komunikasi sebagai alat untuk mewartakan nilai-nilai Injil demikian besar. Untuk itu, para peserta diajak untuk menyadari, mempelajari, dan pada akhirnya memasuki media digital sebagai salah satu alat untuk berpastoral itu. Materi ini disampaikan oleh Rm. Dominikus Donny Widiarso Pr dan Priscilia Panti Meyrina, digital stretegist. Mewujudkan cita-cita ini tentu tidak mudah. Perlu semangat dan spirit yang kuat.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk melihat gerak dan dinamika Komsos di masing-masing kevikepan. Salah satu hal yang perlu untuk terus menerus diperjuangkan adalah sejauh mana kesiapan Komsos Kevikepan mendukung Kevikepan sebagai pusat kegiatan pastoral. Setelah berdiskusi, masing-masing kevikepan mensharingkan pergulatannya. Berbagai tanggapan, masukan, dan peneguhan dari peserta lain menjadikan acara ini menjadi gayeng.

Hari kedua juga diisi dengan materi film feature oleh Borgia Edgar. Salah satu cara mewartakan nilai-nilai Injil sebagaimana menjadi fokus pastoral KAS adalah mengangkat kisah orang-orang biasa namun memiliki pengaruh yang luar biasa. Kisah-kisah yang dihidupi oleh umat merupakan kisah yang luar biasa dan akan memberikan inspirasi kepada yang lain. Dengan demikian, semakin nyatalah gerak KAS untuk mengupayakan kesejahteraan bersama di tengah masyarakat multikultural. Ke depan, kisah-kisah ini akan diangkat dalam kegiatan festival film.

Tak lengkap rasanya jika para pengurus Komsos Kevikepan tidak mendapat pemahaman mengenai Kevikepan sebagai pusat kegiatan pastoral. Rm Al. Dwi Ariyanto Pr, Vikep Kedu dan salah satu tim perumus, memberikan pencerahan kepada para peserta. Komsos akan memegang peranan penting dalam mewartakan gerak dan dinamika kevikepan. Komsos menjadi garda terdepan. Untuk itu, dalam PDDP yang sedang dirumuskan Tim Kerja Komsos akan ditempatkan di bawah Bidang Pewartaan. Setelah pemaparan dari Rm Ari, Glenikan hari ketiga ditutup dengan perayaan Ekaristi.

Facebook
Twitter

Kabar lain

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat

CintaMu Mematri Pilihanku: Menepis Ragu

Kunjungannya ke Dr. Ridho & Museum Asian Youth Day Indonesia membuat Evan teringat akan sesuatu yang penting yang selama ini telah dia lupakan. Evan pun mengajak Ferina untuk menemui Alex dan merencanakan sesuatu.