logokas2

THE NDUL’ERS : Anas, Kopi Kualitas peringkat 4 Nasional

Saat ini kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Begitu banyak cafe atau warung yang berlomba menyajikan kopi terbaiknya. Tetapi tidak banyak orang paham, bagaimana proses Kopi yang disajikan di depan mereka diproses oleh ahlinya.

Adalah Anas, sejak tahun 2015 orang muda dari daerah Temanggung ini mulai menggeluti usaha Kopi. Menariknya, di usianya yang masih sangat muda, ia sudah bisa mulai menjaga proses produksi kopi dari hulu hingga hilir. Ia mempunyai kebun kopi dan tempat untuk mengolah biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang siap diminum. Proses perjalanan Anas dalam menjaga kualitas kopinya cukup panjang dan rumit. Tetapi kerja kerasnya tersebut berbuah hasil. Pada tahun 2017, Kopi olahannya tersebut berhasil mendapat predikat Kopi kualitas peringkat 4 Nasional. Peringkat itu dikeluarkan oleh BADAN PENGURUS PUSAT ASOSIASI EKSPORTIR DAN INDUSTRI KOPI INDONESIA. Bagaimana rumitnya menjaga kualitas biji kopi hingga siap diminum? Dan apa saja tantangan Anas dalam mengembangkan usahanya tersebut? The Ndul’es kali ini mengupas perjuangan Anas dalam mengembangkan Kopinya tersebut.

Facebook
Twitter

Kabar lain

Baby Vampy: HEMAT ENERGI

Hemat energi?? apakah itu?? Yuk belajar bagaimana hemat energi dalam keseharian kita bersama Vampy – vampir yang baik hati dan juga Baddy – vampir usil yang selalu ganguin Vampy.

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.