logokas2

Rekam Peristiwa : TRADISI DI TANGAN ORANG MUDA (3/3)

Kaum muda milenial identik dengan kebaruan dan kekinian. Hingga kadang-kadang mereka ini dipandang jauh dari hal-hal yang berbau tradisi dan masa lalu. Padahal tidak sedikit generasi masa kini yang memperjuangkan tradisi. Dengan berbagai cara mereka mengupayakan agar apa-apa yang mereka kenal di lingkungan tempat mereka tumbuh terus terpelihara.

Adanya “strategi kebudayaan” ala orang muda ini menggambarkan: (1) daya tahan, (2) daya tumbuh, dan (3) daya ubah dari komunitas hidup bersama yang berakar pada suatu konteks tertentu dan yang sekaligus terbuka pada aneka dinamika. Ketiga daya tersebut keberadaannya terhubung dengan wujud material dari kebudayaan (segi what), wujud teknisnya (segi how), maupun wujud motif terdalamnya (segi why). Berhadapan dengan aneka tantangan seperti gerakan transnasionalisme, stereotyping, penyeragaman ekspresi, dan semacamnya, hidupnya tradisi – pada level apapun – yang selalu kontekstual sifatnya itu diuji. Ada ungkapan dari Konfusius: “Pelajari masa lalu jika dirimu ingin menentukan masa depan.” Pilihan, cinta, dan perjuangan kalangan muda sebagaimana disebut di muka untuk mendalami dan menghidupitradisi lokal dan dari masa lalu sesungguhnya adalah kabar baik bahwa hidup bersama tidak akan kehilangan masa depannya.

Facebook
Twitter

Kabar lain

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat

CintaMu Mematri Pilihanku: Menepis Ragu

Kunjungannya ke Dr. Ridho & Museum Asian Youth Day Indonesia membuat Evan teringat akan sesuatu yang penting yang selama ini telah dia lupakan. Evan pun mengajak Ferina untuk menemui Alex dan merencanakan sesuatu.