logokas2

Anas Kopi

Desa (tidak) Menjanjikan?

Saat ini kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Begitu banyak cafe atau warung yang berlomba menyajikan kopi terbaiknya. Tetapi tidak banyak orang paham, bagaimana proses Kopi yang disajikan di depan mereka diproses oleh ahlinya.
Adalah Anas, sejak tahun 2015 orang muda dari daerah Temanggung ini mulai menggeluti usaha Kopi. Menariknya, di usianya yang masih sangat muda, ia sudah bisa mulai menjaga proses produksi kopi dari hulu hingga hilir. Ia mempunyai kebun kopi dan tempat untuk mengolah biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang siap diminum.
Proses perjalanan Anas dalam menjaga kualitas kopinya cukup panjang dan rumit. Tetapi kerja kerasnya tersebut berbuah hasil. Pada tahun 2017, Kopi olahannya tersebut berhasil mendapat predikat Kopi kualitas peringkat 4 Nasional. Peringkat itu dikeluarkan oleh BADAN PENGURUS PUSAT ASOSIASI EKSPORTIR DAN INDUSTRI KOPI INDONESIA.
Bagaimana rumitnya menjaga kualitas biji kopi hingga siap diminum? Dan apa saja tantangan Anas dalam mengembangkan usahanya tersebut?
The Ndul’es kali ini mengupas perjuangan Anas dalam mengembangkan Kopinya tersebut.

#kopi #BisnisKopi #bijikopi #pengusahakopi
=============================================
The Ndul’ers adalah sebuah program yang menarasikan dan menggemakan orang muda atau komunitas muda yang kreatif, inspiratif dan bergerak dengan ‘passion’ masing-masing di ranah publik.
==============================================

Sosial Media Tambo Jentera Muda :
Instagram

Facebook
Twitter

Kabar lain

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat

CintaMu Mematri Pilihanku: Menepis Ragu

Kunjungannya ke Dr. Ridho & Museum Asian Youth Day Indonesia membuat Evan teringat akan sesuatu yang penting yang selama ini telah dia lupakan. Evan pun mengajak Ferina untuk menemui Alex dan merencanakan sesuatu.