logokas2

Hadir

Ketika datang ke suatu tempat, di situ kita hadir. Kehadiran kita itu bisa beraneka ragam bentuknya. Ada yang datang dengan rasa malu-malu. Alasannya bisa macam-macam: baru pertama datang ke tempat itu, tidak ada yang dikenal di tempat itu, atau karena alasan lain. Ada juga yang datang dengan penuh percaya diri. Alasannya juga beraneka ragam: karena membawa undangan, kenalannya yang datang banyak, dan lain sebagainya.

Dengan hadir saja, sebenarnya kita sudah tinggal dalam Kristus. Hadir menjadi kualitas paling rendah dalam konteks tinggal dalam Kristus. Dengan hadir saja, tidak ada hal yang kita buat. Kita hanya membawa badan kita berada dalam ikatan dengan Kristus. Seperti foto seekor lalat ini. Ia ada di atas daun. Tidak ada aktivitas yang dibuatnya. Ia hanya diam di situ. Meski tidak ada yang dibuat, tetapi lalat itu ada dan hadir di lingkungan tempatnya berada. Meski lalat itu hanya berdiam diri saja namun ia masuk dalam hitungan.

Contoh konkretnya adalah ketika kita menjadi seorang katekumen. Pada saat itulah kita hadir, melihat-lihat, mengamati, dan menimbang sejauh mana kemantaban kita untuk melanjutkan perjalanan. Setelah sekian lama kita menjadi seorang murid, apakah kualitas kita masih seperti ketika kita menjadi seorang katekumen?

Hadir adalah tahapan paling awal untuk tinggal dalam Kristus. Dengan berani hadir, kita telah melangkahkan satu tapak kaki kita. Tinggal kita menantang diri sendiri. Apakah kita akan melanjutkan langkah pertama yang kita buat itu atau kita akan berhenti pada langkah awal itu. #yswitopr

Facebook
Twitter

Kabar lain

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.

BABY VAMPY: HATI-HATI

Baddy, vampir yang usil, malas, dan tidak pernah bisa diam kembali membuat kegaduhan. Akibat kemalasannya ini yang bikin gaduh. Untung ada Vampy yang siap sedia memberi tau Baddy supaya lebih baik. 

TEMU PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG – KEVIKEPAN SURAKARTA

25 November 2022, bertempat di pusat spiritualitas Ignasian yaitu di Rumah Retret Panti Semedi , Sangkal Putung – Klaten diadakan Temu Pastoral Keuskupan Agung Semarang 2022 untuk wilayah Kevikepan Surakarta. Temu Pastoral kali ini terasa berbeda dari Temu Pastoral sebelumnya karena dibawakan dengan sangat

CintaMu Mematri Pilihanku: Menepis Ragu

Kunjungannya ke Dr. Ridho & Museum Asian Youth Day Indonesia membuat Evan teringat akan sesuatu yang penting yang selama ini telah dia lupakan. Evan pun mengajak Ferina untuk menemui Alex dan merencanakan sesuatu.