Paroki St. Yakobus Rasul Bantul

Paroki st. yakobus rasul bantul

Jadwal Misa

Harian
05.30
Jumat Pertama
Sore / Malam 16.00
Sabtu 
Sore / Malam 16.00
Minggu 
Pagi 5.30 | Pagi 7.30

  • Jl. Mgr. Sugiyo Pranoto No.1, Badegan, Bantul, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711
  • (0274) 367409
  • Email
  • Www.kas.or.id

Profil Paroki

Pada saat Mgr. Alb. Soegiyapranata memberkati gedung gereja baru ini, dalam Misa Kudus di altar bertanya kepada Romo Y. van Leengoed: “Siapa pelindung gereja ini?” Romo Y. van Leengoed bingung, belum terpikirkan. Lalu Bapak Uskup bertanya lagi: “Pelindungmu sendiri siapa?” Romo Y van Leengoed menjawab: “Yakobus (Mayor/Tua)” Dari sinilah lalu Bapak Uskup memberi nama pelindung gereja ini “YAKOBUS”, yang tak lain adalah nama pelindung dari Romo Y. van Leengoed sendiri.

Pada tanggal 11 Juni 1919 telah dibaptis seorang bayi dengan “baptis pertolongan” oleh seorang perempuan bernama Theresia Soertini. Bayi laki- laki itu bernama Antonius Kasmin. Bayi itu hanya berumur satu hari, sebab setelah dibaptis ia meninggal. Siapa orang tua bayi itu tidak ditulis dalam Buku Baptis. Bayi inilah yang tercatat dalam Buku Baptis I halaman 01 Nomor 1. Pada waktu itu wilayah Bantul dilayani dari KotabaruYogyakarta. Selama tahun 1919 hanya ada baptisan seorang bayi ini. Baru pada tahun 1920 ada permandian anak-anak dari Pajangan Bantul oleh Rama H. van Driessche, SJ yakni empat anak dari dua keluarga. Empat anak ini kakak beradik. Mereka dipermandikan tanggal 22 juni 1920.

Setelah Buku Baptis ada di Bantul pada tanggal 17 Januari 1 934 ada permandian orang pertama atas nama Rr. Theresia Disoenarsih.

Inilah awal Paroki Bantul atau lahirnya Paroki Bantul. Demikian pula yang tertulis dalam Buku Petunjuk Gereja Katolik Indonesia, yakni Buku Paroki ada sejak 17 Januari 1934. Selanjutnya, HUT Paroki yang dirayakan setiap tahun dihitung mulai tahun 1934 ini. Puncak HUT tidak dijatuhkan pada tanggal 17 Januari, tetapi dijatuhkan pada 25 Juli, yakni pada Hari Pesta Santo Yakobus.

Lingkungan :   36
Wilayah :  6

Batas 

  • Utara : Paroki Pugeran
  • Selatan : Paroki Ganjuran
  • Timur : Paroki Bandung, Wonosari
  • Barat : Paroki Paroki Wates dan Paroki Sedayu

Paroki St. Yakobus Rasul

Bantul
Yogyakarta

Kabar lain