Paroki St. Lisieux Boro

Paroki st. Lisieux boro

Jadwal Misa

Harian
05.30
Jumat Pertama
05.30
Sabtu 
Sore / Malam 16.00
Minggu
Pagi 7.00

Profil Paroki

Gereja Santa Theresia Liseux Boro (disebut dengan Gereja Boro) adalah sebuah gereja Katolik tertua di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo dan menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Gereja tersebut berada di dalam Komlek Misi Boro bersamaan dengan Gereja St. Perawan Maria Lourdes Promasan (Gereja Promasan) yang dibangun di lokasi berdekatan.

Sebelum berkembang menjadi kompleks misi seperti sekarang,  Boro pada awalnyamerupakan bagian dari stasi Kalibawang yang dilayani dari Paroki Muntilan. Kehidupan keagamaan di Boro mulai berkembang pesat sejak Romo Prenthaler bertugas untuk menggembalakan wilayah Boro dan kemudian mempersembahkan perayaan Ekaristi pertama di Boro tepatnya di desa Jurang dengan dihadiri oleh limaorang Katolik pada tahun 1929. 

Pastoran Santa Theresia Lisieux Boro mulai dibangun pada medio bulan Juni-Juli 1928 sesuai dengan keputusan Romo Superior Misi van Baal. 

Gereja Boro resmi dibangun pada 9 November 1930 ( ditandai dengan peletakan batu pertama pada tanggal tersebut dan kemudian diberkati pada tanggal 31 Agustus 1931.

Gereja tersebut diberkati dengan pelindung Santa Theresia Lisieux. Pada perkembangannya Gereja Santa Theresia Lisieux  Boro menjadi paroki tersendiri yang membawahi stasi-stasi Kalibawang, Samigaluh,  Ploso, Nanggulan,  dan stasi-stasi di sekitar Boro.

 

Lingkungan : 55
Wilayah : 12

Batas 

  • Utara : Paroki Promasan
  • Selatan : Paroki Nanggulan
  • Timur : Paroki Medari
  • Barat : Paroki Purworejo

Paroki St Theresia Lisieux

Boro
Yogyakarta

Kabar lain