logokas2

Raker Komisi Liturgi Regio Jawa

Raker Komisi Liturgi Regio Jawa

Dewasa ini, umat beriman sangat antusias menghayati kesalehan diri melalui misteri-misteri Kristus dan aneka doa dalam bentuk devosi: Hati Kudus Yesus, Kerahiman Ilahi, Adorasi Ekaristi, Penghormatan kepada Kristus Tersalib, Jumat Pertama, Penghormatan kepada Santa Perawan Maria, Para Malaikat, dan Santo-santa. Selain itu ada novena Gereja: novena Natal, novena Roh Kudus, novena Kerahiman Ilahi, dan sebagainya.
Menanggapi antusiasme umat di dalam menghayati devosi dan ulah kesalehan, Komisi Liturgi Regio Jawa mengadakan Rapat Kerja tahun 2016 dengan mengambil tema ‘Devosi Dan Ulah Kesalehan’. Raker diikuti 78 peserta dari Keuskupan Agung Semarang, KA Jakarta, Keuskupan Surabaya, Bandung, Bogor, Purwokerto dan Malang, diselenggarakan di Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan, Jumat-Minggu (25-27/11).
Raker ini menghadirkan 3 narasumber pokok, sesi pertama, Rama EPD Martasudjita Pr membahas tentang Makna Devosi dan Ulah Kesalehan berdasar buku Direktorium tentang Kesalehan Umat Dan Liturgi. Mengisi sesi kedua, Rama Antonius Anjar Daniadi OCSO yang menyoroti ‘Praktek Devosi dan Ulah Kesalehan Beserta dengan Pengelompokannya’ dari kacamata Imam Trappist. Sedangkan Rama John Rusae Pr berbicara ‘Batas-Batas atau Rambu-Rambu mengenai Penghayatan Devosi dan Ulah Kesalehan’.
Para peserta juga diajak untuk melihat kekayaan kelompok-kelompok doa di keuskupan-keuskupan. Kekayaan tersebut ditampilkan dalam stand devosi dan sharing serta berdiskusi. Selain itu ada kunjungan ke Museum Misi Muntilan. # Anton Wijayanto

Facebook
Twitter

Kabar lain

Baby Vampy: HEMAT ENERGI

Hemat energi?? apakah itu?? Yuk belajar bagaimana hemat energi dalam keseharian kita bersama Vampy – vampir yang baik hati dan juga Baddy – vampir usil yang selalu ganguin Vampy.

CINTAMU MEMATRI PILIHANKU: Kita Jalani Bersama

Keluarga adalah Gereja terkecil, Setiap orang tua mempunyai tanggung jawab yang begitu besar untuk membawa anak-anaknya untuk beriman. Tidak terkecuali Orang tua Evan yang selalu beriman dalam keluarga. Namun sang ayah merasa ada yang berubah dari dalam diri Evan.

KARINA KAS: Respon Gempa Cianjur

Yayasan KARINAKAS berupaya hadir memberikan sapaan dan bantuan bagi mereka yang terdampak pada peristiwa gempa di Cianjur. Meskipun terkendala medan yang sulit dan jalan yang sangat padat, Gereja berupaya hadir memberikan bantuan tanpa memandang susahnya medan yang dijangkau.

Ngobrolin Suami ‘MUNTABER’ Mundur Tanpa Berita

Berdasarkan Assessment yang dilakukan kepada beberapa komunitas sekolah dan anak muda gereja mengenai pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan, ditemukan setiap anak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di lingkungan sekitar mereka.