Temu Katekis KAS

Katekis Paroki se-Keuskupan Agung Semarang mengikuti temu katekis di Seminari Menengah Santo Petrus Mertoyudan Magelang, pada hari Minggu (25/9). Kegiatan ini dilakukan guna menanggapi ajakan Bapa Suci Paus Fransiskus untuk merayakan Yubelium Katekis di seluruh dunia. Acara yang dilakukan di aula Seminari Mertoyudan tersebut dihadiri oleh 1641 orang, dengan narasumber Kardinal Yulius Darmaatmadja, SJ, Romo FX. Sukendar Wignyosumarta, Pr dan H. Haryanto Santoso, seorang pewarta dan pengajar.

Dalam acara tersebut, Bapak Kardinal menyampaikan bahwa katekis adalah suatu panggilan yang harus disyukuri. Bapak Kardinal berkata, “Sasaran pastoral katekis adalah semua orang yang ada di seluruh paroki anda, termasuk mereka yang sudah beriman lain.” Setelah itu Bapak Haryanto menekankan bahwa katekis jangan mempunyai mentalitas seperti ‘BAKMI’ yang merupakan singkatan Bener dewe, Aras-arasen, Keset, Mutungan, Itungan (merasa benar sendiri, kurang semangat, malas, gampang tersinggung, perhitungan. Red).

Dalam homili saat perayaan Ekaristi, Romo FX Sukendar memberikan gagasan unuk tim katekis supaya membaca Kitab Suci sampai khatam atau mengerti.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 tersebut berjalan dengan baik. Para katekis dari paroki se Keuskupan Agung Semarang mendapatkan semangat dan motivasi yang baru dalam pewartaan di paroki masing-masing.(Nahak)

Kabar lain